Beberapa Tips Bisnis Online Bagi Pemula

By | March 13, 2017

Saat ini, belanja online dengan memanfaatkan sambungan internet sudah menjadi gaya hidup sebagian besar pengguna internet di Indonesia. Selain pilihan barangnya yang lebih banyak dan lebih beragam, terdapat berbagai kemudahan yang ditawarkan dari berbelanja online di internet, misalnya lebih praktis, tidak perlu capek berkeliling jalan kaki dari satu toko ke toko lain, dan berbagai kemudahan lainnya. Tidak heran jika bisnis online merupakan lahan bisnis yang menjanjikan. Apalagi, dari data yang dirilis oleh Kemenkominfo dan berbagai e-commerce, jumlah pengunjung toko online terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan diprediksikan, jumlah transaksi jual beli online di Indonesia akan terus meningkat setiap tahunnya, setidaknya hingga 2020 nanti. Melihat peluang bisnis online yang cukup besar, tidak heran jika banyak pebisnis pemula yang mulai menjajal peruntungannya dengan ikut terjun ke bisnis online. Berikut ini adalah beberapa tips bisnis online bagi pemula agar bisa sukses dalam menjalankan bisnisnya.

baca juga:PANDUAN DAN TIPS BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA

  1. Memilih E-commerce yang Populer dan Terpercaya

Cara paling aman bagi pebisnis online pemula agar tokonya memiliki banyak pengunjung adalah dengan cara bergabung dengan e-commerce yang populer dan terpercaya. E-commerce merupakan induk situs jual beli yang sudah banyak bertebaran di Indonesia. Secara sederhana, e-commerce dapat diandaikan sebagai sebuah mall besar, yang menyediakan ratusan lapak di dalamnya. Nah, di Indonesia, banyak sekali e-commerce yang menyediakan lapak/ akun toko gratis. Dengan bergabung dengan e-commerce yang sudah populer, maka peluang toko Anda untuk dikunjungi calon pembeli akan jauh lebih besar dibandingkan dengan membuat situs jual beli sendiri.

  1. Rajin Promo

Tips bisnis online yang paling ampuh adalah rajin melakukan promosi agar toko online yang Anda kelola semakin dikenal luas oleh para pengguna internet, khususnya oleh para calon pembeli. Agar lebih mudah dan efektif, lakukanlah promosi di media sosial yang memiliki banyak pengguna, misalnya di facebook, twitter, instagram, path, dan situs media sosial lainnya. Dengan rajin melakukan promo, maka situs jual beli online yang Anda miliki akan semakin dikenal, sehingga potensi untuk meraup pembeli semakin besar.

  1. Planing yang Matang dan Terukur

Tips agar bisa sukses dan sesuai dengan apa yang diinginkan, setiap hal harus direncanakan secara matang dan terukur, termasuk juga dalam hal tips bisnis online. Rencanakan setiap hal secara detail. Misalnya dalam hal pengadaan barang yang akan dijual, lakukanlah survey atau penelitian kecil-kecilan dengan mencari tahu barang apa yang sedang diminati atau sedang booming di pasaran. Atau dalam hal promo, rencanakan kegiatan promo secara spesifik, misalnya siapa calon pembeli yang potensial, tidak melakukan promo secara random, dll. Buatlah planing yang matang dan terukur secara detail sehingga akan banyak inovasi yang dihasilkan dari perencanaan yang matang dan terukur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *