Beberapa Syarat yang Harus Dipenuhi Situs Berita Terpercaya

By | March 14, 2017

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi internet, akses masyarakat terhadap internet semakin mudah, sehingga pengguna internet terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini berimbas langsung pada kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi akan informasi dari internet, misalnya berita online atau mencari rujukan tentang berbagai permasalahan melalui internet. Kebutuhan yang semakin besar terhadap berita online atau informasi di internet membuka peluang bagi pelaku media untuk membuat situs berita demi memenuhi kebutuhan pada pengguna internet. Imbasnya, belakangan ini banyak sekali situs berita online yang bertebaran di internet, dengan ciri khas pemberitaannya masing-masing. Sayangnya, sebagian besar situs berita online tersebut tidak memenuhi berbagai prasyarat untuk dianggap sebagai situs berita kompeten, sehingga informasi yang ditayangkan di situs online tersebut patut diragukan validitasnya. Berikut ini adalah beberapa syarat yang seharusnya dipenuhi sebuah media online agar menjadi situs berita terpercaya.

  1. Memenuhi Ketentuan Badan Usaha Pers

Meski membuat media online di internet cukup mudah sebab banyak portal yang menyediakan situs web gratis, namun media online harus memiliki badan usaha pers. Setiap media, baik media cetak maupun media elektronik (termasuk juga media online) harus memiliki izin resmi. Dengan memenuhi ketentuan badan usaha pers, maka Dewan Pers bisa memonitor konten sebuah situs berita, sehingga informasi dan berita yang ditayangkan dapat dianggap berita terpercaya.

  1. Alamat Redaksi Jelas dan Tidak Fiktif

Setiap media wajib mencantumkan alamat redaksi dan susunan redaksi dengan sebenar-benarnya, sebab setiap wartawan, secara khusus media, wajib bertanggung jawab terhadap berita yang disampaikannya. Jika tidak mencantumkan alamat redaksi, media tidak ubahnya seperti lempar batu sembunyi tangan.

  1. Menerapkan Prinsip-prinsip Jurnalistik

Setiap media wajib menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik, yaitu aturan main yang harus dipenuhi oleh wartawan atau media dalam menyampaikan berita. Misalnya, setiap berita harus memenuhi kaedah 5W1H, menerapkan kode etik jurnalistik, tidak memelintir berita, tidak membahayakan narasumber berita, tidak memaksa narasumber untuk bersuara, tidak meminta bayaran atas berita yang diproduksinya, dan berbagai prinsip jurnalistik lainnya. Setiap media khususnya wartawan harus menyampaikan berita sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan, melakukan verifikasi terhadap narasumber yang dapat dipercaya untuk memastikan validitas berita yang akan ditayangkan.

  1. Menerapkan Cover Both Sides

Menerapkan cover both sides berarti wartawan atau media harus memfasilitasi kedua belah pihak yang diberitakan, misalnya pelaku dengan korban, dll. Media harus menjadi penengah, tidak menayangkan berita yang sifatnya satu arah. Media harus objektif ketika memberitakan sebuah informasi, tidak boleh menghakimi, dan tidak boleh mengeluarkan narasi yang sifatnya opini dan asumsi. Dengan demikian, berita yang ditayangkan situs berita yang memenuhi semua syarat di atas dapat dianggap berita terpercaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *