Berita Terkini Mengenai Perbedaan E-Commerce Dan E-Business

By | March 17, 2017

Di jaman teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, banyak sekali berita terkini mengenai perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah di bidang bisnis dan pemasaran (marketing). Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya perkembangan teknologi informasi mengenai e-business dan e-commerce.

baca juga: 5 Situs Dan Aplikasi Web Terbaik Untuk Membuat Toko Online

Ada banyak sekali manfaat dari perubahan tersebut. Apalagi jika mengetahui peluang dan bisa memanfaatkan jaringan internet. Beberapa manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menambah lapangan pekerjaan.
  • Lebih memudahkan masyarakat mendapatkan barang dan mengetahui informasi seputar produk.
  • Untuk membangun bisnis modalnya tidak terlalu besar.
  • Baik para pelaku dan pemilik modal lebih mudah mengimplementasikan.
  • Banyak produk yang beragam.

Namun banyak orang yang menyamakan e-commerce dan e-business. Padahal keduanya memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya? Yuk, langsung saja simak ulasan berita terkini mengenai perbedaan e-commerce dengan e-businness berikut ini.

Pengertian E-Commerce

Istilah ini adalah yang paling sering kita dengan saat ini. apalagi di jaman yang mengedepankan informasi seperti sekarang ini, penggunaan e-commerce menjadi hal yang sangat umum dan banyak ditemui bahkan bisa dibilang sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Sebenarnya belum ada pengertian yang baku untuk e-commerce. Huruf e merupakan kependekan dari kata electronic dan commerce artinya adalah transaksi komersial. Jadi jika kedua kata tersebut digabungkan artinya adalah sebuah proses transaksi yang komersial menggunakan fasilitas elektronik.

Sistem transaksi ini berkembang mulai tahun 90-an dimana jaringan komputer dan internet sudah masuk ke masyarakat. Dengan adanya e-commerce yang menawarkan banyak produk dan barang melalui jaringan internet menjadi lebih memduahkan pengguna internet untuk memanfaatkan jaringan komputer secara luas.

Pengertian E-Business

E-business adalah salah satu dari perkembangan internet dan jaringan komputer. Walaupun istilah E-Business tidak sepopuler E-commerce, namun sama pentingnya untuk menunjang transaksi jual beli yang ada disebuah layanan e-commerce. Karena layanan e-business merupakan layanan bisnis yang cakupannya lebih luas tidak sebatas penjualan namun termasuk proses produksi, pemasaran, jaminan after sales sampai ke pengembangan produk.

Secara garis besar e-business adalah sebuah bisnis yang dikembangkan dan ditempatkan pada sebuah sistem elektronik atau merupakan jaringan internet dan komputer. Seorang pembisnis online yang bermain di bidang e-business akan konsen dengan pengembangan dan aktivitas bisnisnya melalui jaringan internet dan komputer. mulai dari kegiatan promosi, proses transaksi,pemasaran dsb.

Dari kedua pengertian e-commerce dan e-business di atas kitadapat menyimpulkan dengan mudah perbedaan keduanya, yaitu:

  1. E-business cakupannya lebih luas sedangkan e-commerce hanya fokus pada masalah proses jual beli melalui elektronik.
  2. E-commerce merupakan bagian dari e-business.
  3. E-commerce hanya membutuhkan spesifikasi dan kemampuan analisa. Sedangkan e-business membutuhkan pertimbangan yang matang dari berbagai aspek bisnis.

Demikian berita terkini mengenai e-commerce dan e-business. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *