5 Bahan Pertimbangan Memilih Toko Belanja Online Yang Aman Dan Terpercaya

By | March 20, 2017

Belanja online saat ini menjadi salah satu solusi belanja menghemat waktu dan tenaga, cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan dan aktivitas yang padat sehingga tidak memiliki waktu yang leluasa untuk belanja. Walaupun memberikan kemudahan, sebagai pelanggan yang cerdas sudah seharusnya mencari tahu toko online yang aman dan terpercaya.

Ada banyak alasan mengapa orang memilih belanja di toko online, salah satunya adalah 20 menghemat waktu, biaya dan tenaga. Dengan belanja di toko online, Anda tidak perlu keluar rumah, bermacet-macetan atau keluar masuk toko memilih barang yang tepat. Hanya duduk manis di depan gadget, Anda sudah bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan. Apalagi sekarang sudah banyak toko online yang memberikan kemudahan navigasi mencari barang yang Anda butuhkan.

Sikap selektif dan hati-hati dalam memilih toko online sangat penting, karena sudah bukan rahasia lagi ada banyak toko online abal-abal yang tujuannya hanya mengeruk keuntungan saja tanpa mempertimbangkan pelayanan dan kepuasan konsumen. Jadi sebelum Anda memutuskan menggunakan jasa belanja online, pertimbangkan hal-hal berikut ini:

baca juga: BEBERAPA SYARAT YANG HARUS DIPENUHI SITUS BERITA TERPERCAYA

Waktu Pengiriman

Walaupun barang akan sampai di rumah, pastikan berapa lamanya waktu pengiriman. Apakah waktunya sesuai dengan klaim mereka? Lalu pantaskah jumlah biaya yang Anda keluarkan?

Layanan Pelanggan

Ada banyak tipe-tipe penjual, ada yang memberikan pelayanan dengan cepat ada yang lambat bahkan ada yang sama sekali tidak menanggapi. Pelayanan merupakan salah satu poin penting bagaimana penjual memperhatikan konsumennya. Jadi pastikan apakah toko online tersebut memberikan reaksi dengan cepat, ramah dan informatif.

Rincian Biaya

Apakah toko online memberikan biaya yang detail tanpa adanya embel-embel hidden cost. Dengan memberikan rincian biaya, Anda jadi mengetahui berapa harga barang yang dibeli dan ongkos biaya pengirimannya.

Kebijakan Pengembalian Uang

Sebelum memutuskan belanja di toko yang Anda pilih, baca terlebih dahulu kebijakan toko mengenai pengembalian barang jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, misalnya: barang rusak/ cacat, tidak sesuai dengan pemesanan dsb.

Kemudahan Pembayaran

Setiap toko online memiliki sistem pembayaran yang berbeda-beda, ada yang menggunakan metode pembayaran transfer antar bank, kartu kredit, pembayaran langsung di tempat (COD), rekening bersama dsb. Pastikan toko online memberikan sistem pembayaran yang mudah dan aman.

5 poin di atas bisa saja subjektif bagi tiap orang, artinya mungkin ada poin yang tidak jadi masalah bagi sebagian orang namun bisa jadi mengganggu bagi Anda. Oleh sebab itu pertimbangkan memilih toko online yang aman dan terpecaya sebelum Anda melakukan transaksi belanja online. Jika Anda sudah menemukan toko yang tepat, untuk belanja berikutnya akan lebih tenang dan menyenangkan. Selamat berbelanja online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *