Tips Jualan Online Untuk Para Pembisnis Pemula

By | March 21, 2017

Jualan online bisa menjadi peluang sukses mendapatkan penghasilan yang besar, namun untuk mencapai sukses di dunia bisnis online tidaklah mudah. Apalagi sekarang semakin banyak persaingan yang ketat. Sebelum Anda memutuskan terjun ke dunia bisnis online, sebaiknya ketahui langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dulu. Berikut ni adalah tips jualan online yang wajib para pembisnis pemula simak.

Putuskan Dengan Yakin Apa Yang Akan Anda Jual

Jika Anda sudah memutuskan jualan online tentu sudah memiliki gambaran produk atau jasa apa yang akan dijual. Penting Anda ketahui bahwa produk yang dijual secara offline belum tentu mendapatkan respon yang sama ketika dijual online.

Oleh sebab itu penting sekali untuk mempertimbangkan secara matang peluang pasar yang belum dijual secara online. Langkah ini merupakan salah satu cara jualan online sukses dan mendapatkan penghasilan yang besar. Berikut ini beberapa pertanyaan seputar produk apa yang akan dijual untuk dijadikan bahan pertimbangan:

  • Apakah produk yang Anda jual memungkinkan untuk dikirim ?
  • Apakah Anda berencana mengkhususkan satu produk tertentu untuk dijual?
  • Apakah Anda ingin menjual barang yang diproduksi sendiri?
  • Bagaimana cara pengiriman produk yang dijual?
  • Bagaimana cara yang efektif menyebarluaskan bisnis yang Anda jalani?

Tentukan Segmen Pasar

Tips jualan online berikutnya adalah pemilihan segmen pasar atau niche market penting dilakukan agar target sasaran konsumen lebih tepat. Selain itu pemilihan segmen pasar dimaksudkan agar konsumen mendapatkan kepuasan terhadap produk yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu sebelum menjalankan bisnis online, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Jangan hanya menjual produk tertentu sebelum Anda melakukan survay. Pelajari tingkat persaingan dan pelajari competitor.
  • Menawarkan sesuatu yang unik dan asli.
  • Memanfaatkan keahlian dan kemampuan Anda.
  • Mengatur proses penjualan dengan simple, sederhana dan mudah dimengerti.

Menguji Pasar Dengan Menjual Produk Dalam Jumlah Kecil

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menguji pasar adalah menjual terlebih dulu produk dengan cara offline sebelum memasarkannya di online. Anda tidak perlu menjual produk dalam jumlah yang banyak dan tidak perlu dalam skala besar. Contohnya: jual pada saat acara pameran atau di event lainnya. Atau Anda bisa memanfaatkan situs jual beli online yang ada di internet untuk mengetahui peluang pasar.

Membuat Perencanaan Bisnis

Sebelum memulai bisnis online, luangkan waktu untuk menyusun rencana bisnis denganrinci. Misalnya berapa modal yang Anda miliki, berapa jumlah modal yang harus dikeluarkan dsb. Dengan mengetahui biaya operasional, Anda dapat dengan mudah melakukan strategi pemasaran dengan tepat.

Demikian tips jualan online yang pertama kali harus dipikirkan oleh para pemula. Semoga artikel ini membantu Anda dalam hal memulai bisnis dengan matang, semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *