Memilih Bisnis Terpercaya Bidang Properti

By | March 23, 2017

Beberapa tahun terakhir bisnis properti mengalami peningkatan yang pesat, hal ini terkait pertumbuhan manusia yang juga semakin tinggi. Selain itu, kesadaran masyarakat akan keuntungan dari bisnis properti ini membuat banyak yang memilih berinvestasi di bidang ini. Akan tetapi sebaiknya tetap harus bisa memilah dan memilih mana bisnis terpercaya bidang properti seperti apa yang layak untuk diinvestasi.

Kenapa begitu? Hal ini karena tak sedikit perusahaan investasi bodong yang akhirnya menipu banyak investor bidang properti. Oleh karena itu, pelihlah perusahaan properti dengan bisnis terpercaya agar aman dan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Dan berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih pengembang properti sebelum berinvestasi:

  1. Developer Berkomitmen Tinggi

Ketika memberikan penawaran investasi, para developer tentunya akan memberikan beragam janji manis pada calon investor. Namun, tak sediki dari developer yang akhirnya tidak menepati janji-janji tersebut. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk menilai komitmen dari developer dengan melihat realisasi janji dari proyek-proyek developer tersebut sebelumnya.

Berinvestasi pada perusahaan developer tentunya harus yang tepat dan terpercaya sehingga layak diamanahi untuk menerima investasi. Hal ini dikarenakan tak sedikit investor properti yang akhirnya kecewa karena ditipu oleh investor abal-abal dan tidak kredibel. Ada yang membangun properti tidak sesuai dengan kesepakatan awal, melakukan penggelembungan anggaran, bahkan ada pula yang membawa kabur uang investasi dari para investor.

  1. Developer dengan Legalitas Jelas

Saat ingin berinvestasi, pilih developer yang memiliki legalitas. Seperti legalitas internal, legalitas lahan, dan Ijin Mendirikan Banunan yang dimilikinya. Untuk ijin internal sendiri merupakan ijin yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada developer sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang properti. Untuk menjalankan bisnis properti, developer tentunya harus memiliki ijin yang juga dikuatkan dengan adanya akta notaris. Apabila developer tak memiliki ijin, maka patut berpikir ulang untuk berinvestasi di perusahaan developer tersebut.

Tak hanya harus mempunyai ijin internal, akan tetapi developer juga harus memiliki legalitas untuk membangun properti berupa sertifikat induk. Sertifikat ini diantaranya adalah akta tanah tempat pembangunan serta IMB.

Tanah yang dibangun haruslah jelas, dimana bukan berupa tanah sengkerta serta lokasi tanah tersebut telah mendapat ijin untuk dibangun properti di atasnya. Jangan sampai ada masalah yang timbul karena adanya sengketa pada tanah yang dibangun properti di kemudian hari.

  1. Track Record Developer Baik

Pilih developer dengan reputasi bagus dari proyek-proyek yang pernah dikerjakan sebelumnya. Jangan malu atau ragu untuk bertanya pada developer tentang proyek-proyek pembangunan yang telah dan pernah diselesaikannya, dengan begitu selanjutnya bisa dicari tahu mengenai proyek-proyek tersebut, apakah bermasalah ataukah tidak.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bekerjasama dengan developer bisnis terpercaya di bidang properti. Jangan sampai karena tidak melakukan cek dan ricek, akhirnya harus kecewa karena tertipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *