Tips Memilih Situs Terpercaya untuk Jual Beli Online

By | March 27, 2017

Saat ini ada banyak situs jual beli online yang digunakan untuk jual beli produk serta jasa pada konsumen. Perkembangan zaman dan teknologi memang membuat banyak orang yang lebih suka berbelanja di dunia maya. Meski begitu, konsumen haruslah jeli apabila berbelanja secara online, salah satunya adalah bisa memilih situs terpercaya dan tidak abal-abal. Dan berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih situs jual beli online.

baca juga: 5 Bahan Pertimbangan Memilih Toko Belanja Online Yang Aman Dan Terpercaya

  1. Tidak Ada di Daftar Cekal

Mudahnya membuat website atau situs online untuk jual beli tentunya menjadi peluang besar bagi orang-orang yang ingin melakukan penipuan di dunia maya. Hal ini bukanlah isapan jempol belaka, karena sudah banyak korban yang melapor kepada polisi, dan sudah ada banyak pelaku kejahatan di dunia maya yang dijebloskan ke penjara. Meski begitu, keberadaan pelaku kejahatan ini seolah tak pernah surut. Oleh karena itu, untuk para konsumen harus lebih jeli dan teliti ketika berbelanja. Konsumen bisa bergabung ke dalam forum diskusi dunia maya yang membahas dan memberikan informasi mengenai toko online abal-abal dan bermasalah. Sebagai calon konsumen yang cerdas tentunya harus bisa memilah mana toko online yang terpercaya dan mana yang abal-abal dan masuk ke dalam daftar cekal.

  1. Membaca Review

Untuk melihat apakah situs belanja tersebut situs terpercaya ataukah tidak, salah satu caranya adalah dengan membaca beragam review, tanggapan, serta testimoni dari para pelanggan. Review serta testimoni ini menjadi bukti apakah penjual memiliki pelayanan yang baik pada pelanggannya ataukah tidak. Dengan begitu calon konsumen pun bisa menentukan apakah situs tersebut bisa dipercaya ataukah tidak.

  1. Harga Wajar

Seringkali kita menjumpai toko online yang memberikan harga yang murah, bahkan cenderung tidak masuk akal. Akan tetapi tak sedikit calon konsumen yang tertipu saat melihat harga yang murah meriah ini. Harga murah memang menggiurkan, akan tetapi apabila terlalu murah tentunya patut dicurigai dan diwaspadai.

Sebenarnya ada banyak toko online yang terpercaya dan bisa dijadikan referensi untuk jual beli secara online. Selain melihat track recordnya, juga bisa dengan melihat alur atau tata cara belanja di situs tersebut. Situs yang profesional biasanya memberikan verifikasi pembelanjaan lewat email, sehingga konsumen tidak akan khawatir tertipu. Selain itu, situs terpercaya biasanya dalam verifikasi belanja lewat email juga akan memberikan notifikasi apabila transfer yang dibayarkan sudah masuk. Selanjutnya konsumen hanya tinggal menunggu barang datang. Situs yang terpercaya juga biasanya menyediakan jaringan admin yang bisa dihubungi sehingga konsumen bisa mengadukan komplain atau pertanyaan. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih situs untuk jual beli online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *