Tips Memilih Toko Terpercaya di Dunia Maya

By | March 31, 2017

Saat ini ada banyak toko online di dunia maya, akan tetapi tak sedikit toko abal-abal yang memiliki modus untuk menipu para konsumennya. Oleh karena itu, konsumen di dunia maya haruslah cerdas ketika berbelanja dan harus bisa memilih toko terpercaya agar tidak mudah tertipu. Berikut ini adalah tips memilih toko yang terpercaya di dunia maya:

baca juga:  Review Website Toko Online Terpercaya

  1. Memiliki Toko Fisik dengan Alamat Jelas

Toko online memang sedikit yang memiliki toko fisik. Akan tetapi apabila ingin mencari toko terpercaya yang aman di dunia maya, maka carilah toko online yang juga memiliki alamat fisik. Jikalaupun tidak memiliki alamat fisik, paling tidak ada alamat fisik rumah penjual yang dicantumkan. Hal ini tentunya untuk mewaspadai penipuan yang marak terjadi.

  1. Pemilik Toko Online atau Admin Mudah Dihubungi

Pilih toko online yang mana admin, customer service atau pemilik tokonya mudah dihubungi. Dengan begitu apabila konsumen membutuhkan informasi seputar barang atau ingin komplain sesuatu bisa ditanggapi atau dijawab dengan cepat. Apabila pemilik toko atau admin tidak bisa dihubungi atau tidak merespons dengan cepat, maka hal ini perlu diwaspadai.

  1. Perbandingan Harga

Harga yang murah memang menggiurkan, akan tetapi jangan terlena dengan harga yang murah. Karena biasanya penipu di dunia maya akan menarik calon korbannya dengan harga yang murah sehingga membuat calon pembeli tergiur. Misalnya, ponsel yang harga aslinya di atas 5 juta namun dijual 1 juta saja. Maka hal ini tentunya wajib diwaspadai, karena bisa jadi ini adalah bentuk penipuan, karena biasanya pembeli akan tergiur dan setelah mentransfer uang, penjual akan kabur. Oleh karena itu, pilihlah toko online yang mencantumkan harga sewajarnya saja, tak perlu mencari yang murah, karena yang penting adalah yang berkualitas.

  1. Bertransaksi dengan Rekening Bersama

Transfer uang di dunia maya memang seringkali menjadi celah untuk menipu. Oleh karena itu, salah satu ciri untuk melihat apakah sebuah toko online bisa dipercaya ataukah tidak adalah dengan dia menggunakan rekening bersama. Rekening bersama ini bisa dikatakan paling aman, dikarenakan apabila barang belum dikirim oleh penjual dan belum sampai ke pembeli maka uang yang ditransfer oleh pembeli tidak akan disalurkan pada penjual.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan memilik toko terpercaya di dunia maya, sehingga konsumen tidak akan mudah tertipu. Penipuan di dunia maya saat ini menggunakan beragam modus sehingga konsumen harus lebih pintar dan jeli dalam memilih toko online yang bisa dipercaya. Konsumen haruslah cerdas, jangan hanya karena harga yang murah akhirnya tergiur modus toko online abal-abal yang bisa membuat konsumen rugi karena mentransfer uang yang cukup banyak untuk membeli barang yang tidak jelas.   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *