Kiat Membangun Bisnis Terpercaya Secara Online

By | April 4, 2017

Berbisnis online melalui internet kini banyak ditempuh oleh sebagian besar pebisnis demi mengembangkan jangkauan bisnisnya agar lebih luas dan bertemu dengan lebih banyak calon pembeli. Berbisnis di internet memang jauh lebih efektif dibandingkan dengan bisnis yang konvensional sebab jangkauan internet tidak terbatas. Internet mampu menjangkau tempat-tempat yang jauh, sehingga kemungkinan informasi bisnis yang disebarkan melalui internet akanm menjumpai jauh lebih banyak orang dibandingkan dengan jika menyebarkan informasi bisnis secara manual melalui selebaran atau menempel poster iklan. Namun sayangnya, berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh internet banyak disalah gunakan oleh sebagian pebisnis demi mengeruk kepentingan pribadi dengan cara merugikan orang lain. Banyak sekali bisnis yang sifatnya mengandung penipuan yang tersebar di internet, sehingga usaha para pebisnis untuk meyakinkan calon konsumen atau rekan bisnis di internet sedikit lebih susah. Berikut ini adalah beberapa kiat membangun bisnis terpercaya secara online.

Menampilkan Identitas yang Lengkap

Setiap pebisnis online wajib menampilkan identitasnya secara lengkap agar calon rekan bisnis atau calon pembeli lebih percaya akan tawaran bisnis yang Anda sebarkan melalui internet. Seringkali, di internet terdapat informasi bisnis yang tidak disertai dengan identitas lengkap, melainkan hanya mencantumkan nomor handphone yang bisa dihubungi. Sebaiknya, cantumkan nama lengkap dan identtas lain seperti alamat lengkap sesuai dengan KTP. Kepercayaan dapat dimulai dari keterbukaan, dan salah satu cara memulai keterbukaan dengan calon rekan bisnis adalah dengan memberikan identitas diri yang lengkap, baik indentitas pribadi atau identitas rumah bisnis/ perusahaan yang Anda jalankan.

Usahakan Agar Selalu Bisa Dihubungi

Watak orang-orang yang melakukan bisnis secara online, berbeda dengan pebisnis kebanyakan. Jika pebisnis kebanyakan lebih dibatasi oleh waktu atau jam kerja, pebisnis online tidak dibatasi oleh waktu, alias bisa menjalankan bisnisnya selam 24 jam. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membangun bisnis terpercaya secara online, pastikan bahwa nomor kontak Anda bisa dihubungi selama 24 jam.

Tidak sekadar memastikan nomor Anda stanby 24 jam, Anda harus berusaha ramah setiap dihubungi calon rekan bisnis atau calon konsumen dari produk Anda. Jangan pernah mengabaikan atau acuh terhadap panggilan atau pesan yang masuk ke handphone Anda, sebab Anda tidak akan pernah bisa menebak nama calon rekan bisnis yang potensial dan serius dan mana yang tidak. Oleh sebab itu, semua panggilan atau pesan harus Anda tanggapi secara serius.

Memiliki Situs atau Akun Media Sosial

Untuk memudahkan interaksi dengan para calon rekan bisnis atau konsumen, sebaiknya Anda menyiapkan situs atau website khusus, atau paling tidak akun media sosial yang berisi informasi mengenai produk bisnis Anda agar para calon relasi bisnis atau calon konsumen dapat melihat produk bisnis Anda di internet. Sekali lagi, bisnis terpercaya harus dimulai dari keterbukaan, dan salah satu cara membangun keterbukaan adalah dengan membuat akun di media sosial.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *