Panduan Memverifikasi Situs Terpercaya

By | April 6, 2017

Di internet, terdapat jutaan situs atau website yang memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Setiap website memiliki ciri khas dan tema tersendiri untuk menarik perhatian pengunjung, sebab target utama dibuatnya sebuah situs atau website adalah jumlah pengunjung yang banyak. Semakin banyak sebuah situs itu dikunjungi oleh pengguna internet, maka situs tersebut dianggap cukup sukses. Namun, jumlah kunjungan sebuah situs atau website bukan berarti sebuah jaminan situs tersebut menampilkan konten-konten yang isinya dapat dipercaya. Banyak sekali situs di internet yang menampilkan atau memposting sesuatu yang sifatnya hoax atau kabar palsu. Tidak jarang, masyarakat atau pengguna internet justru terjebak pada kabar palsu tersebut, yang justru akan berdampak negatif bagi kehidupan mereka. Agar tidak terjebak pada berita palsu, setiap pengguna internet harus memverifikasi situs yang dikunjunginya. Berikut ini adalah beberapa panduan memverifikasi situs terpercaya.

Memperhatikan Identitas Redaksi

Salah satu cara paling mudah untuk memverifikasi kevalidan sebuah situs terpercaya adalah dengan cara memperhatikan susunan redaksinya. Situs abal-abal atau situs yang sering menampilkan konten-konten yang mengandung hoax atau kebohongan biasanya akan bersembunyi di balik identitas palsu, atau nama pengarang/ redaksi situsnya disembunyikan, tidak ditampilkan di situs tersebut. Oleh sebab itu, setiap pengunjung situs sebaiknya memperhatikan identitas redaksi yang tercantum di situs tersebut, mulai dari nama-nama redaksinya, susunan redaksi, penanggung jawab situs, hingga alamat atau nomor kontak redaksi situs tersebut.

Dengan memperhatikan identitas redaksi, maka pembaca atau pengunjung situs akan terbiasa membaca tulisan atau berita dari pihak yang bertanggung jawab, menunjukkan jati dirinya, tidak menyembunyikan identitasnya. Sebab kejujuran sebuah situs, dimulai dari kejujuran menampilkan identitas penulis atau kontributor situs tersebut.

Membandingkan dengan Situs Lainnya

Sebuah berita atau sebuah tulisan di website yang berisikan tentang berbagai hal di dalam kehidupan ini, umumnya akan ditulis atau diberitakan oleh beberapa pihak, atau dengan kata lain tidak hanya diberitakan atau ditulis oleh salah satu situs saja. Kebenaran sebuah tulisan, bisa ditelusuri dengan cara membandingkan dengan tulisan lain dengan tema yang sama. Oleh sebab itu, cara untuk memverifikasi sebuah situs online yang terpercaya adalah dengan sering-sering membandingkan kontennya dengan konten di situs terpercaya lainnya. Sebab kebenaran, umumnya tidak diberitakan oleh suatu pihak saja.

Mempertimbangkan dengan Logis

Seringkali, banyak situs yang memposting tulisan atau berita yang sifatnya bombastis demi meraup banyak pembaca, tidak peduli tulisan tersebut benar-benar fakta atau hanya sekadar isu yang diada-adakan. Oleh sebab itu, setiap pengunjung situ wajib mempertimbangkan konten di situs yang dikunjunginya dengan logis. Jika konten atau berita di sebuah situs tidak masuk akal sehat, sebaiknya tinggalkan situs tersebut dan beralih mencari situs terpercaya lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *