Membangun Toko Terpercaya di Internet

By | April 7, 2017

Salah satu jenis bisnis atau jual beli yang sangat marak diminati oleh anak muda saat ini adalah berbelanja online. Era internet ditandai dengan berbagai perubahan mendasar di berbagai bidang, salah satunya adalah dalam hal jual beli. Setiap tahun, terhitung sejak tahun 2012 lalu, jumlah pengguna internet yang melakukan transaksi belanja online terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan bahwa jual beli online dapat dijadikan sebagai salah satu lahan bisnis yang cukup menjanjikan, baik oleh pebisnis pemula maupun pebisnis yang sudah lama berkecimpung dan malang melintang di dunia bisnis. Namun, bukan berarti menjalankan bisnis online merupakan perkara yang mudah, sebab umumnya para pengguna internet di tanah air memiliki kecenderungan yang berbeda dalam berbelanja di internet, terutama terkait dengan asas keterbukaan dan rasa saling percaya. Berikut ini adalah kiat-kiat membangun toko terpercaya di internet agar dilirik oleh banyak calon pembeli online.

baca juga: Kiat-kiat Membuat Toko Online yang Disukai Banyak Orang

  1. Identitas Penjual yang Lengkap dan Jelas

Banyaknya toko online di internet membuat para calon pembeli cenderung mencari toko-toko yang mudah dijangkau dengan identitas penjualnya yang lengkap dan jelas. Pembeli akan langsung mengabaikan situs belanja online atau penjual yang tidak jelas identitasnya. Oleh sebab itu, untuk membangun toko terpercaya di internet, pastikan bahwa identitas yang Anda cantumkan di situs jual beli online atau di media sosial yang Anda kelola lengkap dan jelas, mulai dari nama penjual, nomor yang bisa dihubungi, alamat lengkap penjual, dan kalau perlu cantumkan pula KTP Anda. Dengan demikian, calon pembeli akan semakin yakin bahwa toko online yang Anda kelola bukanlah toko fiktif.

  1. Memberikan Jaminan

Berikanlah jaminan pada pembeli bahwa barang yang Anda jual merupakan barang asli, bukan bajakan, dan merupakan barang dengan kualitas terbaik. Selain itu, berikanlah garansi bahwa barang tersebut akan diterima oleh si pembeli dalam keadaan yang baik, tidak rusak. Janjikan pula jaminan bahwa Anda sebagai pihak penjual akan siap mengganti barang yang rusak selama masih dalam masa garansi.

  1. Melayani Calon Pembeli dengan Ramah

Karena jual beli online tidak memungkinkan terjadinya transaksi secara tatap muka antara penjual dengan calon pembeli, maka interaksi dan transaksi hanya dilakukan secara online atau melalui telepon dan SMS. Oleh sebab itu, pihak penjual harus melayani calon pembeli dengan ramah, dengan bahasa yang jelas dan tidak menyakiti. Tanggapilah setiap pertanyaan calon pembeli dengan baik.

  1. Memudahkan Calon Pembeli

Salah satu alasan orang berbelanja secara online di internet adalah berbagai kemudahan yang ditawarkan dari belanja online. Oleh sebab itu, agar toko online yang Anda kelola menjadi toko terpercaya, berikanlah berbagai kemudahan bagi calon pembeli, mulai dari kemudahan dalam mencari barang hingga kemudahan proses transaksi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *