Tips Belanja Online Murah Meriah

By | April 10, 2017

Maraknya praktik jual beli online merupakan salah satu dampak yang ditimbulkan oleh teknologi internet. Sejak internet semakin dikenal luas oleh masyarakat, terdapat beberapa perubahan mendasar dalam kehidupan dan kebiasaan masyarakat. Salah satunya adalah dalam hal jual beli. Kini, kegiatan belanja online seakan sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern, dan sebagian besar pengguna internet melakukan transaksi jual beli online. Melonjaknya jumlah transaksi online dari tahun ke tahun merupakan bukti bahwa kegiatan jual beli online sudah semakin membumi, dan sudah menjadi keseharian dalam kehidupan masyarakat modern. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh jual beli online, proses transaksinya yang cenderung mudah, juga pilihannya yang lebih beragam terutama untuk produk-produk terbaru, merupakan alasan mengapa jual beli online digemari. Namun, bukan berarti berbelanja online akan selalu lebih murah dibandingkan ketika belanja langsung ke toko. Jika tidak jeli, belanja online justru akan merugikan. Berikut ini adalah beberapa tips belanja online murah meriah.

baca juga: Tips Memilih Online Shop Murah untuk Berbelanja

Menyiasati Ongkos Kirim

Letak perbedaan yang mencolok antara belanja online dengan belanja sendiri ke toko adalah belanja online harus membayar ongkos kirim, dari alamat penjual ke alamat pemesan. Seringkali, ongkos kirim justru sangat membengkak, dan bahkan lebih besar dibandingkan harga barang yang dibeli. Oleh sebab itu, Anda harus menimbang apakah ongkos kirim yang harus Anda keluarkan di atas normal atau masih wajar. Tips belanja online yang harus Anda terapkan adalah menyiasati ongkos kirim. Carilah toko online yang alamat pengirimnya paling dekat ke alamat Anda, sebab ongkos kirimnya akan lebih murah. Atau carilah toko online yang sedang mengadakan promo gratis ongkos kirim.

  1. Berbelanja di Hari Tertentu

Sudah menjadi karakter dari pemilik toko, mereka akan menjual barang dengan harga lebih murah di hari-hari tertentu. Misalnya, berbelanja di hari libur akan lebih mahal dibandingkan dengan hari kerja seperti senin. Manfaatkanlah berbelanja di hari tertentu, khususnya hari kerja di mana kebanyakan orang sedang sibuk bekerja. Sebab pada waktu itulah biasanya penjual online akan memberikan harga lebih murah.

  1. Memanfaatkan Tawaran Promo

Jangan abaikan tawaran promo yang diberikan oleh toko online. Jika Anda memang sedang membutuhkan produk tersebut, dan sejauh ongkos kirimnya masih bisa ditolelir, manfaatkanlah tawaran promo, apalagi jika yang dijual dengan harga promo terdiri dari banyak produk. Biasanya, penjual online akan memberikan promo pada momen-momen tertentu, misalnya promo akhir tahun, promo hari raya, dan jenis-jenis promo lainnya.

Berbelanja online harus dilakukan dengan bijak dan teliti agar benar-benar menguntungkan. Semoga dengan mengikuti tips belanja online di atas, Anda lebih teliti dan cerdas dalam berbelanja online, sehingga hasilnya akan memuaskan dan menguntungkan, bukan malah merugikan atau lebih mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *