Cara Mudah Mendapatkan Informasi Online yang Terpercaya

By | April 11, 2017

Internet merupakan teknologi yang memungkinkan manusia mendapatkan banyak informasi dengan cepat. Internet yang menawarkan berbagai kemudahan dan kecepatan membuat informasi tersebar dengan sangat mudah, sehingga setiap orang khususnya pengguna internet dapat mengetahui berbagai informasi terbaru dan berita-berita yang terjadi di berbagai tempat dan belahan dunia dalam waktu yang relatif singkat. Namun, kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh internet bukan berarti informasi tersebut akurat, valid, dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah atau di hadapan hukum. Banyak sekali informasi di internet yang mengandung kepalsuan, penuh kebohongan, atau tidak valid, yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan tertentu. Oleh sebab itu, agar tidak terjebak pada informasi yang salah di internet, setiap pengguna internet mesti jeli. Berikut ini adalah beberapa cara mudah mendapatkan informasi online yang terpercaya.

  1. Memanfaatkan Mesin Pencarian

Mencari informasi online dengan memanfaatkan berbagai situs mesin pencarian seperti google dan yahoo merupakan cara yang paling mudah untuk terhindar dari berita palsu. Ketika kita mengetikkan kata kunci di kolom pencarian di internet, akan muncul banyak berita dari berbagai sumber dan media terkait kata kunci yang kita masukkan. Dengan demikian, pada halaman awal mesin pencarian, kita akan menemukan berbagai judul berita dengan kata kunci yang sama. Dari judul-judul berita atau informasi yang muncul di halaman awal mesin pencarian, kita bisa melakukan verifikasi awal, manakah informasi yang valid dan yang palsu, bahkan kita juga dapat mencari sumber yang paling kita percaya.

  1. Menelusuri Langsung Situs Penyedia Informasi

Jika ingin menelusuri informasi secara spesifik melalui internet, misalnya informasi pengumuman penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi tertentu, sebaiknya kita langsung menelusuri pengumuman tersebut di situs resmi milik perguruan tinggi tersebut. Atau misalnya ingin mencari informasi beasiswa sebuah lembaga tertentu, sebaiknya kita membuka situs resmi lembaga tersebut, jangan mencari informasi melalui situs sekunder atau situs lainnya, sebab bisa jadi informasinya adal yang ditambah atau dikurangi, bahkan dimodifikasi.

  1. Membandingkan Antara Satu Sumber dengan Sumber Lainnya

Langkah terakhir untuk memastikan apakah informasi online yang kita cari dan kita dapatkan di internet tersebut dapat dipercaya atau tidak, adalah dengan cara membandingkan hasil dari satu sumber dengan sumber lainnya. Di internet, terdapat jutaan situs online, dengan pengelola atau pemilik yang berbeda-beda. Untuk itu, membandingkan informasi di satu sumber dengan informasi di sumber yang lain merupakan langkah aman untuk mencari dan memperoleh informasi yang benar-benar dapat dipercaya. Jangan mudah percaya dan terprovokasi oleh sebuah informasi yang ditampilkan di satu situs saja. Telusuri informasi tersebut di situs lain, siapa tahu informasi tersebut adalah informasi palsu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *