Tips Jualan Online Agar Laris

By | April 12, 2017

Berjualan online atau membuka toko di dunia maya dengan mengandalkan jaringan internet kini merupakan jenis bisnis yang banyak dijajal, khususnya oleh pebisnis pemula dengan modal kecil. Selain praktis dan mudah, jangkauan toko online yang jauh lebih luas dibandingkan dengan hanya membuka toko di tempat tertentu menjadi alasan mengapa kini semakin banyak pedagang yang beralih ke toko online. Meskipun membuka toko online caranya sangat praktis dan mudah, mendatangkan pembeli online untuk berbelanja atau sekadar berkunjung ke toko online yang Anda kelola bukanlah hal yang mudah dan sederhana. Berikut ini adalah beberapa tips jualan online agar laris.

baca juga: Tips Jualan Online Meningkatkan Penjualan

Memberikan Tawaran yang Menarik

Salah satu tips jualan online yang paling efektif adalah memberikan tawaran yang menarik kepada calon pembeli. Umumnya, pengguna internet, termasuk yang jarang berbelanja online sekalipun, akan mudah tertarik jika ada tawaran yang bagus, misalnya, tawaran membeli dua barang gratis satu, atau menjual produk dengan model paket, atau memberikan bonus-bonus tertentu setiap pembelian dengan nominal tertentu. Banyak sekali jenis tawaran menarik yang bisa Anda terapkan. Yang perlu dicatat, tawaran menarik yang akan Anda berikan ke calon pembeli tersebut harus dihitung dengan cermat, jangan sampai merugikan Anda. Pastikan Anda masih memperoleh keuntungan meski sedikit.

Membandingkan Harga dengan Toko Lain

Jangan malas untuk mengecek harga-harga di toko online lainnya untuk produk yang sama. Bandingkanlah harga yang akan Anda berikan dengan harga di toko lain. Jika harga yang Anda tawarkan ternyata lebih mahal dari toko online lain, sebaiknya Anda hitung ulang keuntungan yang Anda peroleh. Menjual barang dengan harga lebih murah dibandingkan dengan toko online lain akan membuat toko online yang Anda jalankan memiliki peluang lebih besar untuk laris. Lebih baik mengambil sedikit keuntungan dari sebuah produk asalkan produk tersebut bisa laku banyak, dari pada mengambil keuntungan besar dari sebuah produk namun produknya ternyata tidak laku karena Anda jual dengan harga lebih mahal.

Mengadakan Promo

Pembeli akan sangat menyukai program promo atau diskon. Oleh sebab itu, agar toko online yang Anda kelola bisa dipadati oleh pengunjung dan pembeli online, adakanlah promo-promo khusus setidaknya sekali sebulan. Misalnya, di bulan Januari ada promo tahun baru, promo Valentine di bulan Februari, dan jenis-jenis promo lainnya. Jangan sampai dalam jangka sebulan Anda tidak mengadakan promo sama sekali, sebab ketika promo itulah kesempatan besar agar toko online yang Anda kelola semakin dikenal oleh masyarakat pengguna internet. Promo bukan sekedar memberikan diskon, kalau perlu juga menggratiskan ongkos kirim, sepanjang itu tidak merugikan Anda dan keuntungan Anda sudah dikalkulasikan dengan matang.

Itulah beberapa tips jualan online agar laris. Manfaatkanlah setiap peluang yang ada untuk menarik perhatian calon pembeli. Selalu melakukan inovasi merupakan keharusan agar pembeli tertarik berbelanja di toko online Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *