Kelebihan, Kekurangan Dan Tips Belanja Di Situs Belanja Online Luar Negeri

By | May 5, 2017

Seperti sudah kita ketahui bersama, dengan adanya internet semakin menjamur toko online, ada situs belanja online dalam negeri dan beragam situs dari luar negeri. Semuanya bisa Anda akses menggunakan internet. Namun sebelum Anda memutuskan belanja di situs jual beli luar negeri ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

baca juga: Situs Belanja Online Dunia

Kelebihan Belanja Di Situs Jual Beli Luar Negeri

  • Barang lebih lengkap, bahkan kadang ada beberapa jenis barang yang tidak dijual di Indonesia.
  • Harganya bisa lebih murah, ada beberapa jenis barang atau produk yang harganya lebih murah jika langsung membelinya ke situs luar negeri. Namun sebelumnya perbandingkan dulu harganya dengan harga barang yang dijual di Indonesia (jika ternyata barang tersebut tersedia di Indonesia).
  • Tren Baru, biasanya barang yang akan menjadi tran muncul pertama di situs luar negeri.

Kekurangan Belanja Di Situs Jual Beli Luar Negeri

  • Waktu pengiriman lebih lama, hal ini karena jaraknya yang jauh. Biasanya barang akan sampai beberapa minggu dari waktu pemesanan.
  • Biaya Pengiriman Lebih Mahal, karena jaraknya jauh biaya paketnya juga akan lebih mah. Biasanya akan dikenakan biaya 100-200 ribu rupiah.
  • Kena Pajak, barang yang dikirim dari luar negeri akan dikenakan pajak.

Tips Belanja Di Situs Jual Beli Luar Negeri

Nah, setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan jika memilih situs belanja online luar negeri. Jika Anda memutuskan akan belanja di situs tersebut, ada baiknya mengetahui tips belanja yang aman berikut ini.

  • Pilih situs yang terpercaya.

Luangkan waktu untuk membaca komentar atau review mengenai situs tersebut. Atau cari tahu testimony dari orang-orang yang pernah membeli barang di situs yang Anda maksud.

  • Baca Terms and Conditions

Sebelum melakukan pemesanan baca terms and conditions yaitu mengenai kebijakan pengiriman barang. Biasanya mereka akan mencantumkan ongkos kirim, lamanya waktu pengiriman dan kebijakkan jika ada barang yang rusak. Jika Anda masih ragu, bisa kirmkan email untuk menanyakan sistem pengiriman ke Indonesia.

  • Pahami Sistem Pembayaran

Biasanya pembayaran jual beli ke luar negeri menggunakan paypal atau kartu kredit. Namun ada juga yang menyediakan pembayaran melalui western union. Pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem pembayaran.

  • Cermati Pajak Bea Cukai

Jika Anda memilih situs belanja online luar negeri, akan menanggung biaya bea cukai. Jadi sebelum Anda melakukan transaksi pahami terlebih dahulu mengenai pajak bea cukai di Indonesia. Umumnya jika barang yang dibeli harganya kurang dari 50 USD akan bebas biaya bea cukai. Namun jika lebih maka akan dikenakan pajak. Besar kecilnya biaya pajak tergantung pada masing-masing barang, harga paket dan ongkos kirim paket tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *