Kiat Mengelola Online Shop Murah Tidak Rugi

By | May 8, 2017

Berbisnis online merupakan salah satu model bisnis yang akan sangat menguntungkan mengingat pangsa pasar pengguna internet yang cukup besar dan terus meningkat setiap tahunnya. Hampir seluruh pengguna internet pernah menjajal transaksi jual beli online, dan lebih dari separuhnya kini cenderung lebih suka berbelanja online dibandingkan dengan berbelanja konvensional dengan mendatangi mall-mall dan retail terdekat. Saat ini, para generasi milenial cenderung menjadikan mall sebagai tempat nongkrong, sementara untuk berbelanja kebutuhan pokok terutama yang berkaitan dengan fashion, mereka lebih suka berbelanja online. Selain item fashion yang ditawarkan toko online lebih segar dan baru, pilihannya pun lebih beragam. Fashion yang dijual di toko online seringkali lebih update dibandingkan dengan yang dijual di mall atau berbagai retail, selain itu, di internet juga banyak online shop murah. Peluang jualan online yang sangat besar ini sangat sayang jika disia-siakan.

Bagi para pedagang atau pebisnis skala kecil dan menengah, berbisnis online memang menguntungkan. Apalagi jika mereka berani memberikan diskon kepada pembeli, maka pelanggan di toko online tersebut akan semakin banyak. Namun, memberikan diskon atau harga murah harus dilakukan secermat mungkin agar tidak rugi. Berikut ini adalah beberapa kiat mengelola online shop murah agar tidak rugi.

baca juga: Tips Pedagang Membuka Toko Online Shop Murah

Menerapkan Sistem Keuntungan Silang

Merupakan sesuatu yang wajar jika ada satu produk yang dijual akan lebih laris dibandingkan jenis produk lainnya. Hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh pemilik toko online demi meraup pembeli yang lebih banyak lagi. Misalnya, jika pakaian yang dijual sangat laris dan keuntungannya cukup besar, berikanlah diskon untuk barang yang tidak laku misalnya sepatu. Juallah sepatu yang tidak laku tersebut dengan harga jauh lebih murah dari toko online lainnya. Kerugian kecil dari penjualan sepatu tersebut akan tertutupi dengan keuntungan besar dari penjualan baju.

Mengadakan Promo Diskon Akhir Tahun

Akhir tahun merupakan waktu yang dipilih oleh kebanyakan pemilik toko, baik toko luring maupun toko online untuk mengadakan promo diskon akhir tahun. Hal ini bukannya tanpa alasan. Akhir tahun dipilih karena merupakan waktu di mana orang-orang banyak berbelanja karena merasa tabungannya selama setahun terakhir sudah waktunya dibelanjakan. Selain itu, ketika akhir tahun, pemilik toko biasanya sudah mengkalkulasikan keuntungannya dalam setahun itu, sehingga jika keuntungannya cukup besar, mereka akan menjual produknya dengan harga murah dan bahkan dengan harga yang tidak wajar sebab tujuan pemilik toko bukan lagi untuk memperoleh keuntungan, melainkan untuk cuci gudang atau menghabiskan stok barang lama.

Mempertimbangkan tujuan dan manfaat tersebut, maka mengadakan promo diskon akhir tahun juga patut dilakukan oleh pengelola toko online.

Memberikan diskon atau menjual barang dengan harga jauh lebih murah dari online shop murah lainnya merupakan siasat agar toko online yang Anda kelola semakin dikenal luas dan diminati oleh para penggemar belanja online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *