Ciri-ciri Situs Terpercaya untuk Berbelanja Online

By | May 9, 2017

Akhir-akhir ini, jual beli online semakin dikenal oleh masyarakat. Semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet, juga pengetahuan masyarakat yang semakin besar akan kegiatan jual beli online, menjadi faktor penyebab pengapa bidang bisnis yang satu ini semakin dikenal dan diminati. Dulu, beberapa kalangan masih takut dan khawatir untuk berbelanja online karena takut tertipu, barang yang diterimanya tidak sesuai dengan apa yang dipesan, atau barang yang dibelinya rusak di jalan sebelum diterima. Namun semakin banyaknya situs terpercaya yang memberi bukti bahwa jual beli online cukup aman dilakukan, kepercayaan masyarakat pun akhirnya semakin meningkat. Kini, kegiatan jual beli online bahkan semakin menjadi trend bahkan menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat tertentu.

Sayangnya, masih ada segelintir orang yang memanfaatkan kepercayaan yang mulai terbangun akan bisnis online tersebut dengan cara menipu orang lain dan hanya ingin mengambil keuntungan sepihak, misalnya dengan membuat situs jual beli palsu. Tidak sedikit pula pembeli yang tertipu akan situs jual beli abal-abal tersebut. Agar tidak mudah tertipu ketika berbelanja online, berikut ini adalah ciri-ciri situs terpercaya untuk berbelanja online.

  1. Identitasnya Jelas

Cara paling mudah untuk mencari situs jual beli online yang benar-benar dapat dipercaya adalah dengan melihat identitas penjual atau pemilik toko online tersebut. Beberapa penjual yang jujur bahkan sampai memposting identitas pribadinya seperti KTP agar pembeli benar-benar yakin.

Identitas yang harus diketahui oleh calon pembeli dari pihak penjual adalah nama lengkap si penjual, alamat lengkap, nomor yang bisa dihubungi, dan keterangan lainnya. Untuk skala bisnis atau transaksi besar, pihak calon pembeli bisa menanyakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kepada si pemilik toko online tersebut.

  1. Sudah Terbukti dan Banyak Pembeli yang Puas

Selain memperhatikan identitas si penjual, perhatikan pula komentar para pembeli yang sudah pernah berbelanja di toko online tersebut. Biasanya, kesan pembeli akan dituangkan di kolom komentar. Lihatlah apakah mayoritas pembeli puas atau tidak akan layanan dari pengelola toko online tersebut. Jika banyak pembeli yang kecewa, sebaiknya Anda mencari toko online lainnya untuk berbelanja. Tertimoni dari sesama pembeli sangat penting untuk dipertimbangkan.

  1. Responsif dan Mudah Dihubungi Calon Pembeli

Hubungilah nomor kontak si penjual online atau pemilik toko online yang Anda kunjungi. Perhatikan responnya. Jika responnya ramah dan mudah dihubungi, juga mampu menjawab pertanyaan Anda seputar produk yang Anda ingin beli tersebut dengan detail dan meyakinkan, maka toko online tersebut patut untuk dipercaya. Sebab banyak sekali situs terpercaya bahkan retail online yang sudah besar sekalipun yang tidak ramah melayani calon pembeli, dan hanya menjawab pertanyaan calon pembeli ala kadarnya. Toko online yang tidak ramah kepada calon pembeli sudah sepatutnya untuk ditinggalkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *