Cara Mencari Toko Terpercaya Ketika Akan Berbelanja Online

By | May 10, 2017

Berbelanja online merupakan salah satu cara belanja praktis dan mudah. Saat ini, kegiatan belanja online semakin diminati oleh masyarakat sebab selain praktis dan mudah, banyak sekali bonus yang ditawarkan oleh para pengelola toko online, sehingga menarik perhatian calon pembeli. Selain faktor-faktor tersebut, berbagai kemudahan yang ditawarkan berbagai toko online, juga banyaknya pilihan produk yang bisa dibeli, juga menjadi penyebab mengapa pembeli online di Indonesia jumlahnya semakin meningkat. Namun sayangnya, kepercayaan dan minat masyarakat yang semakin besar akan jenis transaksi jual beli online dinodai oleh ulah sebagian pihak yang hanya ingin memperoleh keuntungan sepihak denagn cara merugikan orang lain. Di internet, masih banyak toko online fiktif yang bertujuan untuk menipu calon pembeli. Agar tidak tertipu ketika berbelanja online, berikut ini akan dibahas mengenai cara mencari toko terpercaya ketika akan berbelanja online.

baca juga: Tips Memilih Toko Terpercaya di Dunia Maya

  1. Pastikan Identitas Pemilik atau Pengelola Toko Online Tersebut Jelas

Cara paling efektif untuk menentukan apakah sebuah toko online dapat dipercaya atau tidak, adalah dengan melihat identitas dari pemilik atau pengelola toko online tersebut. Toko terpercaya biasanya akan mencantumkan identitas pemilik atau pengelola tokonya dengan jelas dan lengkap, mulai dari nama pemilik, alamat pengirim, hingga nomor telepon yang dapat dihubungi. Bahkan, beberapa toko online yang sudah profesional  ada yang mencantumkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan bahkan foto KTPnya. Identitas tersebut sangat penting untuk diketahui agar jika dikemudian hari terjadi sesuatu dengan barang yang Anda beli, Anda dapat melakukan komplain.

  1. Mempertimbangkan Metode Pembayaran

Ketika berbelanja online dan memesan sebuah barang, biasanya pihak penjual akan memberikan informasi detail tentang metode pembayaran yang harus dipenuhi oleh si pembeli. Perhatikanlah secara retail metode pembayaran yang ditawarkan tersebut. Biasanya, toko yang profesional dan dapat dipercaya akan menawarkan banyak metode pembayaran dan menggunakan beberapa bank untuk transaksi demi memudahkan calon pembeli. Pastikan bahwa nama pemilik nomor rekening tersebut sama dengan identitas pemilik pengelola toko online tersebut.

  1. Memastikan  Customer Service-nya Dapat Dihubungi dengan Baik

Pastikanlah nomor kontak atau customer servis toko online tersebut dapat dihubungi dengan baik. Yaitu melayani pertanyaan calon pembeli dengan baik dan ramah, juga merespon setiap pertanyaan pembeli dengan baik, sehingga Anda bisa nyaman selama proses transaksi pembelian.

  1. Mencari Toko Online yang Berani Memberikan Garansi

Terakhir, carilah toko online yang berani memberikan jaminan atau garansi dari barang yang Anda beli. Toko terpercaya akan berani memberikan jaminan atau garansi kepada pihak pembeli, sehingga jika di kemudian hari terjadi sesuatu dengan barang yang Anda beli, misalnya rusak selama proses pengiriman, atau barang yang Anda terima tidak sesuai dengan yang Anda pesan, Anda dapat meminta ganti barang yang baru, sebab toko online tersebut sudah memberikan garansi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *