Tips Berbelanja di Toko Online Murah Agar Tidak Kalap

By | May 18, 2017

Berbelanja online kini menjadi gaya hidup dan hobi sebagian besar pengguna internet. Mencari barang-barang yang menarik di toko online untuk kemudian dibeli memang merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Apalagi jika kebetulan ada toko online yang sedang melakukan obral dengan menjual barang-barang dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan toko online lainnya, maka dapat dipastikan kita akan betah berlama-lama di situs tersebut untuk menelusuri barang yang menarik untuk kemudian kita beli. Imbasnya, ketika ada toko online yang sedang obral, kita bisa berbelanja dengan kalap, sehingga tidak sadar sudah membeli barang-barang yang sebenarnya tidak sedang kita butuhkan. Berikut ini adalah tips berbelanja di toko online murah agar tidak kalap.

Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja merupakan salah satu cara paling efektif agar tidak kalap ketika berbelanja di toko online murah. Susunlah list barang-barang yang kita butuhkan sebelum memutuskan menjelajah situs jual beli online yang sedang memberikan promo harga. jika ada di antara lis barang yang kita cari dijual dengan harga murah, maka barang tersebut boleh kita beli. Sebaliknya, jika ada barang menarik namun tidak masuk ke dalam list atau daftar belanja kita, sebaiknya jangan dibeli.

Menentukan Spesifikasi Produk yang Akan Dibeli

Selain membuat daftar belanja, menentukan spesifikasi produk yang akan kita beli juga tidak kalah penting. Sebab seringkali kita akan mudah tergiur untuk membeli produk sejenis dengan apa yang kita cari namun spesifikasinya berbeda. Misalnya ketika ingin membeli sepatu futsal, kebetulan di situs yang sedang obral tersebut ada sepatu olahraga yang dijual murah. Karena tertarik dengan harganya yang murah, akhirnya kita malah membeli sepatu olahraga yang spesifikasinya sebenarnya berbeda dengan yang kita butuhkan.

Menentukan Budget

Sebelum berbelanja, sebaiknya kita menentukan budget terlebih dahulu, yaitu berapa jumlah maksimal uang yang akan kita belanjakan. Jika total beaya belanjaan kita sudah mencapai budget atau bahkan melebihi, sebaiknya kita berhenti mencari produk lain, agar kita tidak boros dan menyesal nantinya karena sudah menghabiskan terlalu banyak uang untuk berbelanja. Budget yang ditentukan sebaiknya juga sudah mencakup ongkos kirim, agar kita tidak mengeluarkan uang tambahan dari yang sudah kita tentukan di awal.

Jangan Berlama-lama Mengunjungi Situs Belanja Online

Salah satu penyebab kenapa kita tertarik untuk membeli barang lain yang sebenarnya tidak kita butuhkan adalah terlalu lama mengunjungi situs jual beli atau toko online murah. Oleh sebab itu, ketika kita sudah mendapatkan barang-barang yang kita butuhkan, berhentilah melihat-lihat atau melakukan pencarian barang-barang lainnya, sebelum kita tergoda untuk berbelanja lebih banyak lagi karena ada barang menarik lainnya yang juga dijual murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *