Tips Jualan Online Agar Toko Anda Semakin Dikenal

By | May 19, 2017

Jual beli online saat ini merupakan salah satu bidang bisnis yang sangat digemari khususnya oleh para pebisnis pemula sebab menawarkan berbagai kemudahan. Dalam hal promosi, misalnya. Jika promosi dilakukan secara konvensional dengan cara menyebarkan brosur atau poster, tentu target atau orang yang mungkin menerima brosur tersebut sangat terbatas, hanya di sekitar tempat di mana brosur tersebut disebarkan, dan penerimanya sesuai dengan jumlah brosur tersebut dicetak. Hal ini tentu berbeda dengan ketika melakukan promosi di internet. Cukup dengan memposting satu foto poster, maka orang yang akan melihat kemungkinannya hingga ribuan bahkan jutaan orang. Penyebarannya pun tidak terbatas ruang dan waktu. Promosi dengan mengandalkan teknologi internet pun lebih hemat beaya dibandingkan dengan harus mencetak selebaran yang tentu akan memakan banyak dana. Berikut ini akan dibahas tentang tips jualan online agar toko Anda semakin dikenal.

Baca juga: Awal Mula Munculnya Situs Jual Beli Online

Promosi yang Tepat Sasaran

Agar toko online Anda semakin dikenal, Anda harus gencar melakukan promosi. Tanpa melakukan promosi dan hanya pasif menunggu calon pembeli, maka toko online Anda akan sepi pembeli. Promosi merupakan tips jualan online yang harus Anda lakukan. Namun tidak sekadar promosi dengan acak atau random, promosi harus tepat sasaran, sesuai dengan pangsa besar terbesar dari barang yang Anda jual.

Misalnya, Anda menjual produk pakaian muslimah seperti aneka jilbab dan gamis, maka Anda harus aktif memperkenalkan toko online Anda dengan ikut bergabung ke grup-grup sosial media di mana anggota atau pengikutnya banyak dari kalangan muslimah, sebab pangsa pasar terbesar dari produk jualan Anda adalah muslimah. Bergabunglah dengan grup sosial media yang banyak diikuti oleh anak muda muslimah, sebab anak muda merupakan pembeli online yang paling besar.

Membuat Poster yang Unik dan Menarik

Di internet, para pengguna internet cenderung menyukai hal yang instan. Sesuatu yang sekilas terlihat menarik pasti akan ditelusuri lebih jauh, sementara sesuatu yang sekilas terlihat biasa-biasa saja pasti akan langsung ditinggalkan. Atau dengan kata lain, kesan pertama merupakan sesuatu yang penting. Oleh sebab itu, buatlah media promosi yang unik dan menarik, misalnya poster dengan gambar unik yang menimbulkan pertanyaan dan rasa penasaran, sehingga yang melihatnya akan langsung mengklik poster tersebut dan membaca tulisan yang tertera pada poster.

Mengandalkan Jasa Endorsement

Saat ini, sudah menjadi trend di kalangan para penjual online yang mengandalkan jasa artis sosial media untuk memperkenalkan produk mereka. Jasa tersebut dikenal dengan sebutan endorsement atau endors. Caranya, carilah orang yang memiliki follower banyak, baik di instagram atau di twitter. Biasanya, banyak artis sosial media tersebut yang menerima jasa endors untuk memperkenalkan produk atau toko Anda.

Itulah beberapa tips jualan online agar toko online Anda semakin dikenal. Jangan pernah pasif menunggu pembeli, sebab karakter pembeli online berbeda dengan karakter pembeli konvensional yang pasti akan lewat atau datang ke toko Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *