Tips Promosi dan Memperkenalkan Produk di Situs Online

By | May 22, 2017

Bisnis online atau jual beli dengan mengandalkan teknologi internet akhir-akhir ini berkembang menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia. Tingginya pengguna internet di Indonesia dimanfaatkan dengan baik oleh para pebisnis dengan berbisnis online yang memang peminatnya cukup besar. Berbisnis di internet menawarkan banyak kemudahan, terutama kecepatannya dalam menyebarkan informasi. Salah satu kemudahan yang ditawarkan dari berbisnis online adalah promosinya yang simpel dan mudah, juga jangkauannya yang luas. Promosi bisnis di internet juga relatif lebih murah dibandingkan dengan promosi di media lain seperti televisi atau di media cetak. Namun meskipun mudah dan murah, bukan berarti promosi dengan mengandalkan akan selalu efektif. Promosi online harus dilakukan dengan strategi dan cara yang tepat. Berikut ini adalah tips promosi dengan mengandalkan situs online.

Baca juga: Kiat Membuat Situs Online Populer

Tawarkan Produk Gratis Melalui Kuis

Generasi pengguna intenet atau generasi milenial dikenal dengan generasi yang menyukai hal-hal instan, dan cenderung senang menerima sesuatu secara gratis. Sudah menjadi watak para pengguna internet di Indonesia menyukai sesuatu yang gratis. Hal inilah yang perlu dimanfaatkan oleh penjual online, terutama oleh produsen, untuk memperkenalkan produknya. Tawarkanlah produk secara gratis, namun tidak cuma-cuma, melainkan dengan mengadakan kuis. Misalnya, adakanlah kuis tanya jawab kepada pengguna media sosial yang Anda kelola: mengapa Anda menginginkan produk tersebut, apa alasan Anda? Jawabannya cukup diposting di status media sosial mereka. Dengan membuat kuis yang persyaratannya cukup mudah tersebut, akan banyak orang yang ikut karena tergiur produk gratis, dan Anda memperoleh keuntungan dipromosikan secara gratis.

Mensponsori Sebuah Penghargaan Atau Kontes Online

Jika enggan membuat kuis atau lomba secara mandiri, Anda dapat menjadi sponsor atau pendukung sebuah penghargaan atau kontes yang digelar secara online. Misalnya, lomba menulis puisi di Facebook, Anda bisa menghubungi pihak penyelenggara dan menawarkan kerja sama sebagai sponsor, dengan catatan produk Anda harus dicantumkan dalam poster lomba atau salah satu syarat mengikuti lomba tersebut adalah membeli produk yang Anda produksi atau Anda jual. Selain lomba puisi online, carilah lomba lain untuk menjalin jaringan dengan orang lain. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk memperkenalkan produk Anda, dan mengangkat nilai produk Anda di mata publik.

Menjadi sponsor sebuah acara memang bukan teknik pemasaran mengandalkan situs online yang dapat mendongkrak jumlah penjualan secara instan. Ini merupakan cara pemasaran yang memakan waktu. Namun selama Anda mendongkrak popularitas produk Anda ke arah yang positif, produk Anda akan semakin mudah diterima publik.

Berkontribusi pada Forum Online

Di internet, terdapat banyak forum online, yang meliputi komunitas hobi atau komunitas dengan pengikut trend tertentu. Aktiflah di forum-forum yang anggotanya merupakan pangsa pasar yang tepat untuk produk Anda, misalnya dengan memberikan saran, menjawab pertanyaan, dll. Dengan demikian, citra produk Anda (yang diwakili oleh media sosial situs online tersebut) akan positif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *