Informasi Terkini Perkembangan Internet di Indonesia

By | May 24, 2017

Internet merupakan teknologi sambungan yang memungkinkan manusia mengakses informasi dnegan cepat. Salah satu hal yang penting terkait dengan internet adalah website atau situs web, yaitu portal atau alamat di dunia maya yang menampung banyak informasi. Terdapat banyak sekali jenis website di internet, ada website berita, website mengakses video, website media sosial, dan tidak jarang pula website pribadi yang menampung catatan seseorang atau komunitas. Di Indonesia, perkembangan internet meningkat secara signifikan. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, trend peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya memiliki presentase lebih dari 50%, sebuah presentase yang cukup besar dan tinggi. Berikut ini akan dibahas mengenai informasi terkini tentang perkembangan internet di Indonesia, baik dari segi pengguna maupun semua hal yang berkaitan dengannya.

Baca juga: Menghindari Informasi Terkini yang Menyesatkan di Internet

Peningkatan Pengguna Internet

Dapat dikatakan, peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia adalah yang paling pesat dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya. Pada tahun 2011, jumlah pengguna internet di Indonesia adalah sekitar 55 juta orang, meningkat menjadi 63 juta orang pada tahun 2012, dan terus meningkat lagi menjadi 82 juta orang pada tahun 2013. Pada tahun 2014, ketika bermunculan smartphone murah yang diproduksi di dalam negeri, pengguna internet di Indonesia mencapai 107 juta orang. Angka tersebut sedikit banyak memang dipengaruhi oleh faktor murahnya smartphone yang dijadikan sebagai alat untuk mengakses internet.

Pada tahun 2015, pengguna internet Indonesia sudah mencapai 139 juta orang. Dan pada tahun 2016, terdapat 152 juta orang Indonesia yang menggunakan internet. Angka tersebut diperkirakan akan semakin meningkat mengingat trend positif penjualan smartphone dan semakin banyaknya operator yang memperbaiki dan meningkatkan jaringan internetnya.

Fakta Tentang Jual Beli Online

Menariknya, jumlah pengguna internet yang semakin meningkat dari tahun ke tahun juga berdampak langsung pada trend jual beli online. Beberapa tahun belakangan, jual beli online seakan sudah menjadi trend. Kini, pengguna internet tidak sekadar mencari informasi terkini di berbagai situs di internet, melainkan juga untuk mencari produk terbaru di berbagai toko online untuk mereka beli.

Produk yang paling banyak dibeli di toko online di antaranya adalah produk fashion, alat-alat komunikasi seperti smartphone, alat-alat elektronik dan komputer, buku, hingga barang grosir kebutuhan harian. Namun produk yang paling banyak dibeli secara online adalah produk fashion. Fashion terbaru diburu oleh pengguna internet sebab mereka sulit menemukan fashion terbaru di toko terdekat di sekitar tempat tinggal mereka.

Jasa yang Paling Banyak Diburu Secara Online

Selain mencari berita atau informasi terkini dan berbelanja produk, para pengguna internet juga memburu layanan jasa, seperti untuk memesan tiket. Adapun jasa yang paling banyak diminati adalah pemesanan tiket perjalanan (40%), hotel atau tur wisata (31 %), tiket konser atau tiket event lainnya (12%), dan jasa lainnya (17%).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *