Tips Menulis Konten untuk Situs Terpercaya

By | May 26, 2017

Internet merupakan gudang informasi. Semua informasi akan dapat ditemukan di internet melalui berbagai website. Di internet, terdapat jutaan website yang memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing, mulai dari website umum hingga website pribadi, mulai dari website berita hingga website yang memuat catatan harian. Kekuatan sebuah website memang terletak pada kontennya. Konten website bisa berupa tulisan, gambar, maupun video. Namun mayotitas website mengandalkan tulisan sebagai kontennya. Sebuah situs akan memperbaiki dan meningkatkan kualitas kontennya. Menulis konten sebuah situs berbeda dengan menulis tulisan atau artikel untuk media cetak, sebab pembaca website memiliki karakter yang berbeda dengan pembaca koran atau majalah. Berikut ini akan dibahas mengenai tips menulis konten untuk situs terpercaya.

Baca juga: Tips Cara Mengetahui Situs Web Terbaik Dan Terpercaya

Dilarang Keras Copy-Paste atau Plagiat

Banyak sekali ditemukan situs yang kontennya hanya mengcopy-paste tulisan di website lainnya, yang hak ciptanya dimiliki orang lain. Tindakan menjiplak tersebut merupakan tindakan kriminal yang melanggar undang-undang hak cipta. Hendaknya, pengelola website membentuk tim sendiri untuk menulis konten website yang terdiri dari penulis profesional agar konten website mereka jauh dari plagiasi, tidak mengcopy-paste dari website lain, dan yang terpenting adalah tulisan-tulisan di website tersebut memiliki karakter yang berbeda dengan website lainnya, sehingga memiliki ciri khas.

Dari Umum ke Khusus, atau Piramida Terbalik

Ketika menulis konten untuk situs terpercaya, sebaiknya menggunakan model dari umum (general) ke khusus atau semakin menyempit. Cakupan topik yang paling luas harus dibahas terlebih dahulu di awal paragraf, kemudian beralih ke hal-hal yang lebih spesifik dan menyempit pada paragraf-paragraf berikutnya. Ini sangat penting dilakukan sebab umumnya pembaca akan berhenti membaca dan beralih ke hal lain setelah mendapatkan yang spesifik sesuai kebutuhan mereka. Jika yang spesifik diletakkan di awal, mereka akan langsung meninggalkan website Anda.

Pertimbangkan Panjang Tulisan

Umumnya, para pengguna internet menyukai hal-hal yang instan dan praktis. Tulisan-tulisan yang panjang akan sulit dinikmati oleh pengguna internet, kecuali oleh sebagian orang yang memang memiliki waktu dan ketahanan dalam membaca. Hindari menulis lebih dari 1000 kata dalam sekali posting. Kisaran yang cukup ideal untuk kinten website adalah antara 400-800 kata. Jika Anda ingin menulis artikel atau konten yang lebih panjang dari itu, cari sub-bagian pada tema tersebut dan buatlah tulisan yang diposting secara terpisah.

Gunakan Poin-poin dan Paragraf Pendek

Selain jumlah kata yang tidak lebih dari 1000 kata, sebaiknya ketika menulis konten Anda menerapkan paragraf pendek, agar kenyamanan pembaca terfasilitasi. Pembaca akan kesulitan menikmati paragraf-paragraf panjang. Manfaatkan pula model poin-poin, misalnya menggunakan angka-angka atau nomor urut untuk tulisan Anda. Contohnya, ketika menulis sebuah tips, pisahkan masing-masing tips berdasarkan poin per poin, jangan ditulis dengan paragraf panjang. Situs terpercaya akan memperhatikan kenyamanan dan keefektifan pembaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *