Cara Mengelola Toko Terpercaya di Internet

By | May 29, 2017

Jual beli online belakangan ini sudah berkembang menjadi trend dan gaya hidup masyarakat. Hampir semua pengguna internet sudah pernah melakukan transaksi jual beli online. Berbagai kemudahan yang ditwaarkan oleh transaksi jual beli online merupakan alasan mengapa model jual beli yang satu ini diminati. Hal ini berimbas pada semakin ketatnya persaingan antar pedagang online. Hanya toko online terbaiklah yang memiliki banyak pembeli dan pelanggan. Sebaliknya, toko online yang tidak dikelola secara profesional akan ditinggalkan pelanggannya. Berikut ini adalah bahasan mengenai cara mengelolas toko terpercaya di internet.

Baca juga: Membangun Toko Terpercaya di Internet

Pembeli Pertama Dilayani Pertama

Terapkan aturan bahwa pembeli yang lebih dahulu melakukan transaksi, harus dilayani lebih dahulu. Ketika banyak pesanan yang menumpuk, seringkali penjual di toko online cenderung melayani pembelian yang mudah dilayani, atau yang alamat pemesannya dekat. Hal ini terntu tidak profesional. Bahkan pihak pengelola online sering lalai melayani pembeli yang sudah lama melakukan transaksi karena lebih mementingkan pesanan lain, imbasnya pembeli yang tidak dilayani dan menunggu pesanannya datang tersebut akan komplain, dan kecewa. Agar tidak mengecewakan pembeli, pastikan untuk melayani pembeli sesuai urutannya, agar barang yang mereka pesan bisa tiba tepat pada waktunya.

Memfilter Pesanan

Memfilter atau menyaring pesanan yang masuk akan dapat membantu Anda mengatur dan mengelola pesanan untuk pengiriman dan pemrosesan pesanan. Jika Anda memiliki jumlah pesanan yang besar, memfilter pesanan harus dilakukan. Contohnya, jika Anda tidak mampu untuk melayani sebuah pembelian yang Anda anggap memberatkan Anda, misalnya karena alamat pemesannya terlalu jauh atau calon pembeli terlalu banyak kemauannya, sebaiknya Anda meminta maaf dan mengatakan bahwa barangnya sudah habis atau tidak ada produk seperti yang dia inginkan. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa fokus melayani pesanan yang memang Anda bisa memenuhinya. Sebuah toko terpercaya bukanlah toko online yang mampu menerima semua jenis pesanan, melainkan yang mampu melayani pesanan secara profesional dan memuaskan pemesan.

Perhatikan Persediaan

Pengelola toko online sering mengabaikan stok barang yang tersedia di gudang mereka, dan lebih fokus melayani pesanan. Imbasnya, ketika stok barang yang sudah terlanjur dipesan tersebut habis, mereka akan kebingungan, buru-buru berbelanja mencari stok atau bahkan membatalkan transaksi. Hal ini tentu tidak profesional. Inventarisirlah stok barang-barang atau produk yang Anda miliki.

Tangani Pengiriman Secara Efisien

Umumnya, para pembeli online adalah pembeli yang tidak sabar, mereka ingin pesanan mereka agar cepat dikirim. Sebaiknya, setiap Anda selesai mengirim sebuah paket ke alamat pemesan, Anda harus mengabari si pemesan tersebut bahwa paketnya sudah dikirim. Lampirkan pula nomor pelacakan atau nomor resi kiriman agar pemesan dapat melacak barang yang sudah dibelinya. Sebuah toko terpercaya akan melayani pembelinya secara maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *