Cara Mudah Memesan Tiket Kereta Api Via Online

By | May 29, 2017

Kereta OnlineDi jaman yang serba canggih dan cepat ini, semua bentuk pelayanan kepada publik diorientasikan pada kepuasan pelanggan. Termasuk di dalamnya adalah pelayanan PT. KAI kepada para calon penumpangnya pada sistem pembelian tiket. Jika masih ingat jaman dahulu ketika akan membeli tiket kereta, orang-orang harus terlebih dahulu mengantri di loket stasiun keberangkatan sejak beberapa hari sebelum jadwal berangkat kereta yang diinginkan. Hal ini pasti akan sangat menguras waktu dan energi terutama bila yang ingin dibeli adalah tiket mudik atau balik lebaran. Banyak calon penumpang yang harus datang sejak dini hari kemudian mengantri hingga siang hari untuk mendapatkan tiket dengan jadwal keberangkatan tertentu.

Namun kini PT. KAI sudah melakukan banyak kerjasama dengan berbagai pihak untuk dapat menyediakan tiket yang bisa diakses dari penjualan di mana saja. Dengan berbasis internet, para penjual dapat memesankan tiket bagi pelanggannya tanpa harus datang langsung ke loket di stasiun. Dengan begitu calon penumpang tidak perlu datang berkali-kali untuk dapat memesan tiket sehingga waktu dan tenaga bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Penjualan tiket kini dapat dilakukan secara online dari berbagai tempat penjualan. Beberapa tempat penjualan yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan tiket antara lain:

• Situs portal jual beli.
• Minimarket yang telah bekerja sama.
• Travel agent online.

Dengan membeli lewat beberapa tempat tersebut, calon penumpang dapat langsung membeli melalui gadget mereka dan melakukan pembayaran di ATM atau melalui sistem e-banking. Namun jika ingin langsung bisa membayar, maka calon penumpang dapat pergi ke gerai minimarket terdekat untuk melakukan pembelian.

Meski dijual secara online diluar stasiun, tiket kereta yang ingin dibeli tetap dapat dipilih untuk menentukan posisi duduk penumpang. Pada aplikasi di situs portal penjualan akan ada menu untuk memilih seat yang dapat Anda gunakan untuk memilih posisi mana yang paling Anda kehendaki. Pada gerai minimarket, karyawannya juga akan bertanya apakah Anda ingin memilih seat ataukah bisa dipilihkan langsung oleh sistem. Dengan begitu Anda tidak akan kehilangan satu kelebihan pun dengan memesan tiket melalui sistem online.

Perlu diketahui bahwa ketika Anda memesan tiket melalui situs portal, maka akan Anda waktu untuk mengkonfirmasi pembayaran yang harus Anda lakukan. Tiket transportasi adalah produk yang fast moving serta banyak dibutuhkan masyarakat sehingga waktu yang disediakan untuk pembayaran hanya sekitar 45 menit. Karenanya setelah Anda melakukan pemesanan, diharapkan langsung melakukan pembayaran agar pemesanan tiket Anda tidak hangus dan harus mengulangi dari proses awal. Karena itu akan lebih baik jika pembelian atau cara pembayarannya menggunakan metode kartu kredit atau e banking yang bisa langsung Anda bayarkan. Jika perlu maka Anda dapat menimbang lebih dekat mana jarak antara ATM atau minimarket untuk melakukan pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran, maka pemesanan tiket Anda akan di verifikasi dan kemudian Anda akan mendapatkan kode booking tiket yang harus ditukarkan di stasiun di waktu sebelum keberangkatan. Untuk itu datanglah lebih awal dari jadwal kereta berangkat minimal 1,5 jam sebelumnya. Pergilah ke loket untuk menukarkan kode booking Anda dengan tiket kereta yang sesungguhnya. Jangan lupa untuk membawa tanda pengenal agar memudahkan petugas untuk melakukan verifikasi. Bawalah barang perbekalan yang secukupnya agar menghindarkan Anda dari tindak kejahatan yang selalu mengintai para penumpang yang lengah di perjalanan panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *