Tips Belanja Online Memilih Situs Terbaik

By | May 30, 2017

Jual beli online sudah menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia. Perkembangan jual beli model ini meningkat secara signifikan dan mendapatkan kepercayaan yang besar di mata publik. Kini, hampir semua pengguna internet di Indonesia pernah merasakan atau melakukan transaksi jual beli online dengan mengandalkan sambungan internet. Peningkatan jumlah transaksi jual beli online berdampak langsung pada meningkatnya jumlah penjual atau pebisnis yang ikut berkecimpung di dunia bisnis online. Dalam lima tahun terakhir, jumlah penjual atau pedagang online meningkat lebih dari sepuluh kali lipat dibandingkan jumlah pedagang online pada tahun 2011 silam. Semakin banyaknya penjual online membuat para pembeli bingung dalam menentukan penjual atau situs jual beli online manakah yang sebaiknya mereka percaya, sebab tidak semua situs jual beli online dapat melayani pembelinya dengan baik dan profesional. Berikut ini akan dibahas mengenai panduan dan tips belanja online dalam memilih situs terbaik.

Berbelanja di Situs Besar Terpercaya

Banyak sekali situs jual beli yang bertebaran di internet. Agar tidak salah memilih situs jual beli, sebaiknya anda berbelanja di situs besar terpercaya, yaitu situs yang memang memiliki jumlah pembeli yang besar, dan sudah dikenal memiliki integritas sebagai situs jual beli yang bagus. Tips belanja online yang paling mudah untuk mencari situs besar terpercaya adalah dengan melihat komentar-komentar atau testimoni orang-orang yang sudah pernah berbelanja di situs tersebut, perhatikan komentarnya apakah lebih banyak pembeli yang puas atau justru kecewa. Jika banyak komentar pembeli yang berisi kekecewaan, sebaikna anda mencari situs jual beli online lainnya.

Perhatikan Kelengkapan Identitas Penjual

Sebuah situs jual beli online yang profesional biasanya akan mencantumkan identitas mereka secara jelas dan lengkap, mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor yang bisa dihubungi. Tidak jarang pula ada toko online besar yang mencantumkan apakah bisnisnya tersebut sudah terdaftar secara resmi atau tidak, dan tidak jarang pula yang mencantumkan NPWP. Jangan pernah berbelanja online di toko online yang identitas penjualnya tidak lengkap, sebab jika terjadi sesuatu dengan transaksi anda, anda tahu ke mana anda harus komplain, sebab identitas penjualnya jelas. Pastikan pula nomor kontak yang tercantum di toko online tersebut dapat dihubungi.

Memilih Toko Online yang Spesifikasinya Lengkap

Kebanyakan toko online hanya mencantumkan spesifikasi produk yang dijualnya ala kadarnya, misalnya hanya menyebutkan nama produk dan harganya saja. Namun toko online profesional dan yang dapat dipercaya adalah toko online yang mencantumkan spesifikasi produknya secara lengkap, mulai dari nama produk, jenis, bahan, warna, ukuran, dan spesifikasi lainnya. Bahkan, toko online yang profesional juga mencantumkan gambar yang sebenarnya dari sebuah produk, bukan gambar hasil copy-paste. Oleh sebab itu, mencari toko online yang info spesifikasinya lengkap merupakan tips belanja online yang disarankan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *