Tips Jualan Online dan Kiat Memperkenalkan Produk

By | May 31, 2017

Perkembangan bisnis di Indonesia sangat pesat, hal ini merupakan dampak semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet dan jumlah pengguna internet yang meningkat drastis setiap tahunnya. Tidak heran jika bisnis online semakin diminati, baik oleh produsen/ pihak penjual maupun oleh konsumen atau pihak pembelinya. Terbukti, peningkatan dalam hal jual beli online bukan sekadar jumlah transaksinya, melainkan juga jumlah penjual online dan jumlah orang yang berbelanja online yang sama-sama mengalami peningkatan yang drastis. Imbasnya, lonjakan angka penjual dan pembeli tersebut berdampak pada persaingan bisnis online yang semakin ketat. Setiap produsen dan penjual online berusaha melakukan inovasi dan menerapkan berbagai trik demi meraup keuntungan besar dengan cara menarik perhatian para pembeli. Berikut ini akan dibahas mengenai tips jualan online dan kiat memperkenalkan produk.

Baca juga: Tips Jualan Online Agar Toko Anda Semakin Dikenal

Membuat Video Iklan Menarik di Youtube

YouTube menawarkan sumber daya yang bagus untuk memasarkan bisnis Anda secara online. YouTube memiliki pengunjung yang cukup besar. Menariknya, para penonton cenderung menyukai video-video yang unik dan menarik, termasuk juga video lucu. Inilah yang perlu dimanfaatkan oleh penjual online atau produsen sebuah produk untuk memasarkan produk mereka. Jika menayangkan video atau beriklan di televisi harus mengeluarkan beaya yang besar, beriklan di Youtube relatif lebih murah. Bahkan, Anda dapat beriklan dengan gratis dengan cara membuat akun sendiri dan memposting video Anda sendiri terkait produk Anda. Buatlah iklan sebagaimana iklan di televisi, dengan konsep yang bagus dan menarik. sebarkan link video tersebut di media sosial agar banyak penonton yang menyaksikan iklan Anda.

Bergabung di Grup Media Sosial yang Potensial

Banyak sekali produsen atau pemilik toko online yang melakukan promosi di berbagai grup di media sosial. Sayangnya, promosi yang mereka lakukan bukan malah membuat respek dan orang-orang yang bergabung dengan grup tersebut tertarik, melainkan sebaliknya justru memandang jengkel sebab mereka melakukan promosi secara serampangan dan bahkan cenderung nyampah di postingan orang lain. Lakukanlah promosi dengan bijak, dengan cara yang paling halus. Bergabunglah dengan grup yang potensial yang berkaitan dengan produk yang dijual. Misalnya produk yang dijual adalah produk kecantikan dan kesehatan, Anda bisa bergabung dengan grup senam ibu-ibu. Cara promosinya pun halus, tidak menggunakan akun jualan, melainkan akun pribadi. Misalnya di satu postingan ada pembicaraan tentang tips senam yang aman, Anda bisa urun rembug di postingan tersebut dan sekaligus memperkenalkan produk yang Anda jual.

Mengandalkan Jasa Endorsmen

Tips jualan online selanjutnya yang lebih mudah adalah dengan mengandalkan jasa endorsmen dari pengguna media sosial yang memiliki follower atau pengikut dengan jumlah besar, misalnya selebtwit (twitter) atau selebgram (instagram). Meskipun harus mengeluarkan beaya, namun bayaran jasa endorsmen tidak terlalu besar dibandingkan dengan beriklan di situs web besar, dan lebih efektif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *