Tips Membedakan Berita hoax dan Berita Asli

By | June 2, 2017

Berita hoax kini menjadi wabah dimana-mana. Padahal, sebenarnya berita hoax bukanlah hal baru lagi. Jauh hari sebelum jagad internet berjaya seperti era ini, bcaerita hoax sudah ada terlebih dahulu. Berita hoax sebenarnya adalah nama lain dari kabar burung. Berita hoax kini menjadi wabah karena semakin mudah untuk disebarkan. Pada mulanya, berita hoax dianggap biasa saja. Namun, semakin kesini efek berita hoax sangat mengerikan. Maka, tidak heran bila pemerintah mencanangkan perang terhadap berita hoax. Berikut ini adalah tips membedakan berita hoax dengan berita asli.

Baca juga: Menelaah Berita Terkini

  • Crosschek dengan sumber berita yang kredibel

Pertama-tama untuk mengantisipasi dan meneliti berita hoax, tentu saja dengan melakukan crosscheck dari sumber terkait yang kredibel. Ini adalah langkah utama dan pertama yang bisa ditempuh. Jangan terlalu mudah membagikan berita, jika anda belum melakukan langkah ini. Selain itu, pastikan anda juga menelitinya dari sumber-sumber berita yang kredibel dan terpercaya. Jangan mengambil informasi dari situs-situs yang bukan media umum, atau bahkan blog pribadi.

  • Googling terlebih dahulu

Terkait meneliti berita hoax, anda bisa melakukan googling terlebih dahulu. Carilah kepastian berita itu dengan menuliskan kata kunci yang terkait dengan berita tersebut. Carilah informasi dari beberap tautan. Jangan melulu hanya dari satu tautan. Anda juga bisa memanfaatkan fitur google image untuk meneliti berita hoax yang berbentuk gambar. Cara ini cukup ampuh. Terbukti dari beredarnya hoax tentang korban-korban perang. Anda cukup memasukkan foto-foto yang ingin anda pastikan itu ke google image.

  • Hoax biasanya selalu minta disebarkan dengan pesan beruntun

Cara untuk meneliti hoax sebenarnya cukup mudah dibedakan. Berita hoax biasanya selalu memiliki siklus pesan berantai.

  • Waspada dengan photoshop

Langkah selanjutnya adalah cara memastikan gambar berita hoax. Anda pasti tahu bahwa berita hoax sangat mudah dibedakan. Itu terlihat dari ciri-ciri gambarnya. Anda tentu bisa dengan mudah membedakan gambar asli dan gambar hasil photoshop. Biasanya, dengan bentuk porporsi tertentu. Seperti kepala yang lebih besar ketimbang tubuh dan lain sebagainya.

  • Hoax biasanya tidak masuk akal

Ciri berita hoax yang paling kentara adalah berita hoax biasanya sangatlah tidak masuk akal atau mengada-ngada. Misalnya, ayo cepat sebarkan berita ini sebelum bumi diserang oleh alien. Berita ini tentu saja berita hoax. Karena, mana mungkin ada alien yang tiba-tiba menyerang tanpa tanda-tanda khusus. Atau pesan berita hoax yang biasanya menyebar di pesan broadcast bbm. Biasanya berita hoax itu menyuruh menyebarkan pesan itu agar bbm anda tetap dalam keadaan baik dan tidak error. Jika tidak menyebarkan, hape atau bbm anda akan rusak. Dan sebagainya.

Berikut tadi adalah beberapa cara untuk menelisik berita hoax. Semoga bermanfaat dan tetaplah waspada dengan berita hoax.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *