5 Cara Usaha Online Menggunakan Perangkat Mobile Smartphone Android

By | June 8, 2017

Kemajuan dunia teknologi dan informasi merubah banyak hal dalam kehidupan, salah satunya dalam bidang bisnis. Kehadiran smartphone dan internet merubah cara bisnis dan bertransaksi. Dulu, menjalankan bisnis harus memiliki tempat untuk usaha dan transaksinya dilakukan langsung antara penjual dan pembeli. Sekarang semua orang bisa menjalankan bisnis dengan cara usaha online yang lebih praktis, murah dan efisien.

Perusahaan smartphone sekarang sedang ketat bersaing untuk mendapatkan perhatian, bagaimana mereka memberikan solusi melakukan aktivitas berselancar di dunia maya dengan lebih mudah. Hal ini menyangkut juga cara menjalankan bisnis online dengan mudah.

Sekarang hampir semua orang menggunakan perangkat smartphone dan mobile phone untuk melakukan berbagai aktivitas komunikasi, termasuk aktivitas belanja. Nah, hal ini menjadi peluang besar bagi para pembisnis untuk menjalankan usahanya melalui smartphone. Dengan sebuah smartphone Anda sudah bisa menjalankan bisnis dan mengontrol pekerjaan dimanapun Anda berada, dengan catatan perangkat tersebut terkoneksi dengan jaringan internet.

Berikut ini 5 cara usaha online menggunakan smartphone yang bisa Anda coba lakukan agar kegiatan bisnis Anda berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

  • Manfaatkan Fasilitas Media Sosial

Sekarang ada banyak media sosial yang bisa dijadikan pilihan untuk menjalankan bisnis di smarphone android Anda. Ada twitter, facebook, instagram, line dsb. Disarankan sebaiknya gunakan media sosial yang memiliki jumlah teman yang terbanyak, agar lebih mudah memberikan informasi kepada banyak orang mengenai bisnis yang Anda jalankan.

  • Gunakan Watermark Pada Foto Yang Diupload

Hal ini dianggap sepele oleh sebagian pembisnis online, padahal akan sangat berguna. Tujuannya selain menghindari foto produk Anda dicopy orang lain, memberikan watermark menjadi salah satu cara mempublikasikan bisnis Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan No telepon WA, email atau Pin BB agar orang yang tertarik bisa dengan mudah menghubungi.

  • Gunakan Foto Dengan Resolusi Tinggi

Bisnis online berbeda dengan bisnis konfensional (offline), dimana dalam bisnis online calon pembeli tidak bisa langsung melihat, mencoba, memegang barang yang ditawarkan. Mereka mengetahui bisnis/ produk Anda hanya melalui foto. Jadi usahakan mengupload foto yang menarik dan jelas. Sebaiknya gunakan resolusi yang tinggi agar lebih jelas dan detail warna produk.

  • Nyalakan Notifikasi

Banyak pembisnis yang menjalankan bisnisnya menggunakan akun media sosial, namun lupa membalas commentar atau pertanyaan orang. Jika tidak menjawab dengan cepat, kredibilitas Anda sebagai pembisnis yang profesional akan menurun. Oleh sebab itu, sebaiknya hidupkan notifikasi di setiap akun media sosial yang Anda gunakan dan pastikan segera jawab pertanyaan atau merespon comentar mereka.

  • Gunakan Email Marketing

Cara usaha online yang dilakukan oleh perusahaan online terbesar di dunia adalah menggunakan email marketing. Dengan cara ini, Anda bisa menginformasikan penawaran khusus bagi mereka yang sudah mendaftar di toko online milik Anda. Dengan dikirim email calon konsumen merasa dispesialkan dan tertarik dengan produk bisnis yang Anda tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *