Ciri-Ciri Berita Hoax

By | June 12, 2017

Berita hoax adalah berita bohong yang sangat menyesatkan dan sumbernya sangat tidak jelas. Akhir-akhir ini, persebaran berita hoax begitu sangat menyesatkan. Bahkan ada berita hoax yang yang benar-benar bisa memicu konflik di antara masyarakat kita. Maka, tak mengherankan bila pemerintah pun sampai turun tangan untuk ikut memberantas berita hoax. Sampai pemerintah ikut membentuk aliansi khusus untuk ini.

Namun, sebenarnya berita hoax juga bisa dengan mudah diberantas oleh masyarakat umum. Salah satu caranya ialah dengan mengenali ciri-ciri berita hoax. Dengan cara ini, maka kita tak lantas dengan mudah terprovokasi dengan berita hoax, apalagi sampai menyebarkannya. Berikut ini adalah beberapa ciri untuk mengenali berita hoax.

Baca juga: Tips Membedakan Berita hoax dan Berita Asli

  • Tidak menyertakan link sumber terpercaya

Berita hoax sangatlah muda dikenali dengan cara ini. Biasanya berita hoax sama sekali tidak dibekali dengan link sumber. Inilah indikasi bahwa berita ini adalah berita hoax. Isinya tidak bisa dipertanggung jawabkan. Maka jika anda menemukan berita dengan jenis ini, maka untuk sebaiknya jangan menyebarkannya. Karena tentu saja itu sama sekali tidak berfaedah atau malah justru akan menimbulkan masalah.

  • Link Sumber Palsu Tanpa Laman Landas

Nah, anda juga tidak boleh gegabah dalam mengkonsumsi berita yang juga memiliki sumber link. Karena, itu juga bukan jaminan bahwa berita itu bukan berita hoax. Coba telusuri terlebih dahulu laman link tersebut. Jika linknya tanpa laman landas alias laman palsu, maka link tersebut juga bisa identifikasi sebagai laman palsu.

  • Memaksa untuk menyebarkan

Ciri yang paling kentara dari sebuah berita hoax adalah seruan untuk menyebarkan berita tersebut. Sebarkanlah sebanyak-banyaknya, begitulah biasanya yang sering diserukan. Bahkan beberapa ada yang memakai kalimat bernada ancaman dan menakut-nakuti. Seperti bila anda tidak menyebarkan berita ini maka anda akan bla bla bla. Maka sebaiknya anda pun tidak terhasut untuk menyebarkannya.

  • Tidak masuk akal

Berita hoax juga sangat mudah diidentifikasi dari alur logikannya. Biasanya logika berita hoax sungguh tidak masuk akal. Menyalahi aturan-aturan logika baku. Bahkan, dalam bentuk paling ekstrem, berita hoax terkesan mengada-ada. Inilah salah satu bagian yang paling bisa di identifikasi. Misalnya, berita hoax tentang serangan alien atau semacamnya. Jadi, sebaiknya anda juga memakai logika yang lurus bisa ingin membaca sebuah berita. Agar anda tak terjerumus dalam kubangan berita hoax.

  • Tidak merespon pertanyaan

Tidak merespon pertanyaan. Itu juga adalah ciri dari berita hoax. Biasanya berita hoax sama sekali tidak memberit ruang bagi sebuah pertanyaan. Bahkan terkesan menutupi. Maka, anda juga patut meragukannya.

Berikut tadi adlah beberapa ciri berita hoax. Dengan beberapa ciri tersebut maka anda akan dengan mudah mengidentifikasi kebenaran dari sebuah berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *