Tips Membedakan Informasi terpercaya dan Hoax

By | June 22, 2017

Era internet menghadirkan beragam kemudahan bagi para penggunanya. Namun, ternyata era internet juga menyimpan sisi buruk yang diam-diam membahayakan. Teror bahaya itu dari berita bohong atau yang sering disebut sebagai hoax. Informasi terpercaya kini posisinya sungguh mulia sekali. Hal itu disebabkan karena berita hoax begitu mudah sekali untuk diakses. Untuk itu, orang harus pandai dalam membedakan informasi terpercaya dengan hoax atau kabar bohong. Berikut ini hadirkan beberapa tips jitu untuk membedakan informasi terpercaya dengan hoax.

  • Judul Berita Hoax biasanya Bombastis

Judul sebuah berita hoax sebenarnya mudah sekali ditebak. Biasanya juga mereka hadir dalam lanskap kalimat yang begitu bombastis. Dan kadang untuk beberapa kali kesempatan, judulnya sungguh tidak masuk diakal. Maka, anda jangan pernah mudah terpengaruh oleh judul. Sedengkan informasi terpercaya, hadir dalam lanskap kalimat yang rapi dan logis. Dari titik ini, setidaknya informasi terpercaya dan kabar bohong atau hoax bisa dibedakan.

  • Isi Berita Hoax Biasanya Berisi Hasutan

Dari segi konten pun, berita bohong dan informasi terpercaya juga mudah untuk diidentifikasi. Isi konten berita hoax, biasanya sungguh menjijikan. Penuh dengan hasutan dan kebencian. Bahkan terkadang, sangat tidak logis atau mengada-ada. Sedangkan informasi terpercaya biasanya dituturkan dengan detail dan rapi.

  • Cek Url Berita

Langkah mudah untuk membedakan informasi palsu dengan informasi terpercaya adalah melakukan cek link url. Anda bisa mengklarifikasinya denan memanfaatkan google. Cara ini terbukti ampuh untuk membedakan hoax.

  • Mengandung Kata-Kata Aktif

Biasanya, informasi palsu juga dibedakan dengan penggunaan kata-kata. Kata-kata dalam informasi palsu biasanya adalah kata-kata aktif yang biasanya berbau provokasi. Sedangkan informasi terpercaya biasanya menggunakan kata-kata pasif.

  • Tidak ada Narasumber

Tidak adanya narasumber juga adalah bagian dari ciri informasi palsu. Narasumber justru adalah counter yang bisa menjadi garis pembeda antara informasi palsu dan informasi terpercaya. Ini adalah cara paling mudah untuk membedakannya. Anda cukup membaca sekilas saja. Jika sama sekali tidak ada kutipan narasumber dan tidak berpijak pada penuturan yang jelas, maka itu adalah informasi palsu atau hoax.

  • Gambar tidak natural

Informasi terpercaya biasanya disertai dengan tautan gambar gambar natural. Sedangkan untuk hoax atau informasi palsu, justru sebaliknya. Informasi ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang tidak natural. Gambar-gambar yang bahkan mendekati pada bentuk gambar editan. Bentuk gambar yang sebenarnya adalah hasil dari editan.

Berikuta tadi adalah beberapa tips jitu untuk membedakan informasi terpercaya dengan informasi palsu atau hoax. Semoga cara tersebut cukup membantu anda agar terhindar dari berita bohong. Sebab, berita bohong lama-lama semakin membahayakan. Berita ini bahkan bisa membuat perseteruan antara dua kelompok yang berbeda pandangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *