Tips belanja online Aman

By | June 28, 2017

Belanja online menjadi tren di era internet seperti sekarang ini. Sebelumnya, tak pernah terpikirkan bahwa pada suatu masa belanja bisa dilakukan hanya dengan beberap kali klik. Hanya dengan modal sentuhan jari jemari saja. Anda bisa memesan tiket kereta api hanya dengan mengeklik. Tanpa perlu mengantri dan berdesak-desakan. Anda juga bisa memesan beberapa bahan baku belanjaan di pasar juga hanya dengan beberapa kali klik saja. Semuanya hanya melalui sentuhan jari jemari saja. Namun, anda tak boleh begitu saja mengabaikan faktor keamanan anda ketika belanja. Berikut ini adalah tips belanja online yang aman yang bisa anda terapkan dengan baik.

Baca juga: Asyik Berbelanja di Situs Belanja Online Bukalapak

  • Riset Terlebih Dulu

Pertama-tama sebelum melakukan transaksi online, sebaiknya anda juga memeriksa situs belanja tersebut. Anda bisa melakukan penelusuran melalui google. Dengan ini, anda bisa menelusuri beberapa sumber. Carilah sumber yang menerangkan pengalaman berbelanja pada situs tersebut. Bila dalam pengakuannya positif, maka anda bisa taknpa ragu berbelanja di situ tersebut. Namun bila sebaliknya, maka sebaiknya anda mencari situs lain saja. Karena, itu menjadi indikasi bahwa situs itu tidak aman.

  • Baca Kebijakan Dengan Seksama

Bacalah kebijakan yang tercantum dalam situs itu dengan baik dan seksama. Agar anda tak merasa dirugikan bila ada beberapa kasus yang berada di luar tanggung jawab pemilik situs belanja online tersebut.

  • Periksa Paket Dengan Membaca Deskripsi

Anda juga harus teliti ketika berbelanja. Anda harus menyimak beberapa deskripsi yang tercantum pada keterangan barang tersebut. Anda harus teliti dan seksama. Karena, banyak pula pembeli yang merasa tertipu ketika sudah menerima barang. Ternyata barang yang diterima tidak sesuai dengan foto yang termuat pada situs tersebut. Anda tak boleh mengabaikan hal sederhana seperti ini.

  • Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Anda boleh saja membeli barang murah. Namun, yang pasti anda tak boleh mudah tergiur dengan barang murah. Anda patut curiga. Sebab, barang murah juga biasanya mengandung beberapa kekurangan. Siapa tahu barang itu juga mengandung cacat.

  • Cari Tanda Bahwa Situs Itu Aman

Jika sudah melakukan verifikasi dengan riset, sebaiknya anda juga mencari tanda yang menyatakan bahwa situs itu aman.

  • Amankan PC Anda

Langkah yang juga tak boleh diabaikan adalah mengamankan PC anda dengan antivirus. Ini penting.

  • Simpan Bukti Transaksi

Setelah melakukan transaksi anda sebaiknya juga tak luput untuk menyimpan bukti transaksi anda. Karena, bukti transaksi ini penting bila suatu saat nanti ada hal-hal yang tidak diinginkan. Maka, sebaiknya ada antisipasi saja.

  • Pertimbangkan Cara Bertransaksi

Pertimbangkanlah pula cara bertransaksi. Ini agar anda merasa aman dan mantap ketika melakukan transaksi.

Berikut tadi adalah beberapa tips belanja online yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *