Hati-Hati Dengan Berita Hoax, Kenali Ciri-Cirinya

By | July 4, 2017

Akhir-akhir ini kita banyak mendengar atau membaca berita hoax yang tumbuh subur. Beragam isu dimunculkan oleh para penyebar kebencian. Namun sayangnya masih banyak pengguna internet yang belum bisa membedakan mana berita yang asli atau yang palsu alias hoax. Itu sebabnya banyak orang yang terprofokasi dengan berita-berita yang sebenarnya tidak jelas kebenarannya.

Informasi yang tepat dan tidak benar bisa berakibat sangat fatal. Oleh sebab itu sebagai pengguna internet sudah seharusnya tidak mudah percaya dan perlu bijak dalam menyikapi berbagai berita yang muncul yaitu dengan meseleksi dengan ketat pemberitaan yang ada.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang harus Anda ketahui untuk mengetahui berita yang dikategorikan berita hoax atau berita sampah agar terhindar dari provokasi yang dapat memecah belah berbagai pihak dan memperkeruh keadaan.

Judul Provokatif

Biasanya para penulis berita sampah akan menggunakan berita yang provokatif untuk menarik minat para pembaca. Biasanya mereka hanya mencatut dari sumber yang ada namun isinya kemudian dirubah untuk mengaburkan persepsi. Bahkan lebih dari itu biasanya dibuat untuk mengaburkan pemikiran pembaca dan memutarbalikkan fakta kebenaran. jadi sebaiknya carilah berita dari situs web yang terpercayad an rsmi.

Periksa Alamat Situs Berita

Sekarang ini banyak sekali situs yang beredar yang belum tercatat sebagai angota institusi pers. Tapi ada banyak juga situs yang belum tercatat namun bisa dipercaya. Jadi ada baiknya mencari portal berita yang menyampaikan beritanya secara netral dan objektif.

Bandingan Berita Dengan Fakta

Berita mengenai suatu fenoma pasti selalu ada faktanya, baik dari situs resmi maupun tidak resmi. Yang terpenting adalah bandingkan terlebih dulu setiap beritanya. Tentunya sebagai pembaca cerdas, dituntut untuk menggali lebih banyak informasi yang berhubungan dengan berita yang dicari. Fakta dilapangan bisa menjadi acuan untuk menilai kebenaran berita.

Periksa Keaslian Fotonya

Dengan kemudahan teknologi membuat para penyebar berita kebohongan dan kebencian memanipulasi. Tidak hanya tulisannya saja, ada juga dari foto yang digunakan untuk mendukung tulisan. Ada kalanya para pembuat berita membuat foto yang membuat orang yang melihatnya terprovokasi.

Sebaiknya cek keaslian foto dengan menggunakan Google bisa dengan drag and drop ke kolom pencarian Image. Dengan cara ini memudahkan untuk membandingkan berbagai gambar apakah gambar tersebut hasil editan atau tidak.

Demikianlah informasi mengenai cara mengetahui mana berita yang bisa dipercaya atau tidak. Dengan mengetahui ciri-ciri berita hoax bisa mencegah kita terprovokasi mengenai isu yang membahayakan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Jangan sampai kita terjerat dan membagikan berita hoax yang bisa memecah belah berbagai pihak. Karena tujuan penyebar hoax adalah menebar kebencian dan mengadu domba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *