Berita Online Seputar Resiko Belanja Online  Yang Harus Diwaspadai

By | July 5, 2017

Dengan adanya kemudahan belanja online memberikan kemudahan kepada kita untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah dan praktis. Namun kita perlu hati-hati dengan modus phishing. Yaitu modus pencurian data pribadi. Nah, berita online kali ini akan membahas mengenai bagaimana caranya terhindar dari pencurian identitas.

Baca juga: Rekomendasi Situs berita online

Tips Menghindari Terkena Phishing

  1. Belanja di toko online atau marketplace yang memiliki reputasi bagus. Salah satu ciri marketplace atau toko online yang terpercaya adalah memberikan sistem pembayaran langsung (COD) atau rekening bersama.
  2. Hati-hati dan waspadalah terhadap promosi atau penawaran yang tidak masuk akal. Biasanya penipu akan memberikan iming-iming harga barang yang sangat murah.
  3. Lindungi perangkat yang Anda gunakan untuk belanja online dengan operating sistem yang asli dan jangan lupa pasang antivirus. Jangan lupa selalu update antivirus Anda, jika tidak perangkat yang digunakan rentan disusupi oleh pencuri identitas.
  4. Buatlah kode pin yang sulit ditebak. Jika perlu gantilah kode Pin minimal 2 kali selama satu tahun.
  5. Pencurian data seringkali terjadi pada area public hotspot misalnya: di café, mall, bandara dan tempat-tempat lain yang menyediakan akses internet gratis. Area terbuka tersebut sangat mudah bagi hacker untuk menembus perangkat yang Anda gunakan.
  6. Hati-hati dengan iming-iming hadian dengan syarat mengisi dta. Sbeaiknya jangan mengisi data kartu kredit atau no rekening.

Nah, poin penting lainnya yang harus diketahui adalah ciri-ciri toko online yang terpercaya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. URL websitenya umumnya menggunakan http:www … ada beberapa juga yang menggunakan https:// www… Huruf S atau seucre (aman) artinya sudah memilki fitur keamanan.
  2. Pada bagian sisi kiri alamat biasanya terdapat ikon gambar gembok atau anak kunci.
  3. Terdapat logo electronic certificate perusahaan pihak ketuga yang khusus mengamankan transaksi online.

Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit

Beragam berita online seputar pencurian data dan uang membuat kita harus wasapada terutama pemilik kartu kredit. Karena ada banyak kasus pencurian dana kartu kredit yang dilakukan dengan cara phising. Untuk meminimalisir terkena resiko kejahatan tersebut sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Gunakan hanya untuk transaksi di merchant terpecaya. Jika ingin belanja online pilih yang sudah memiliki reputasi bagus.
  2. Perlu Anda ketahui biasanya pihak bank tidak pernah meminta data pemilik kartu melalui sms, telepon atau email. Jadi jangan pernah memberikan data jika ada yang memintanya, sebaiknya segera laprokan ke pihak yang berwajib jika mengalami hal tersebut.
  3. Saat Anda kehilangan kartu kredit, segera hubungi bank penerbit untuk melakukan pemblokiran.
  4. Jangan pernah menyimpan password di gadget atau laptop. Hal ini berbahaya jika perangkat tersebut hilang.

Demikianlah berita online mengenai cara mencegah terkena phishing. Semoga dengan artikel ini kita lebih berhati-hati dan terhindar dari kejahatan pencurian data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *