Mengenali Informasi terpercaya

By | July 7, 2017

Inilah era dimana informasi bisa diperoleh dalam waktu seusapan jari jemari. Anda tak perlu lagi kerepotan jika ingin mencari informasi. Sayangnya, kemudahan ini pun juga dibarengi dengan banjir informasi palsu atau berita bohong. Orang-orang menyebutnya sebagai hoax. Akhirnya, informasi palsu kini harus ikut dalam arus dengan penyebaran hoax.

Namun, untuk membedakan informasi palsu dengan informasi terpercaya juga tak terlalu sulit. Berikut ini kami sampaikan beberapa cara untuk mengidentifikasi informasi terpercaya. Berikut ulasan singkatnya.

Baca juga: Situs Indonesia Terpopuler Untuk Berita & Informasi

  • Menganalisa logika informasi

Pertama, anda harus mampu mempelajari alur logika dari sebuah informasi. Informasi terpercaya memiliki alur logika yang lurus dan utuh. Maka, jika anda menemukan berita dengan logika yang bengkok dan compang-camping, dan terindikasi keanehannya, sebaiknya anda mengabaikan itu. Sebab, itu jelas merupakan sebuah berita hoax.

  • Konfirmasi sumber

Anda juga harus menyimak sumbernya. Jika informasi itu tanpa jejak tapak sumber link atau narasumber, sebaiknya anda mengabaikannya saja. Karena itu jelas bukan informasi terpercaya. Dan anda tak boleh menelan informasi yang tidak jelas tersebut.

  • Tidak mengandung nada provokasi

Biasanya, informasi palsu atau berita bohong selalu ditandai dengan nada yang memprovokasi. Nada-nada yang berbau kebencian. Anda harus dapat dengan mudah mengidentifikasi ini. Apalagi jika informasi itu sudah sampai pada tahap menjelekkan salah satu golongan tertentu, maka jelas bahwa itu bukan informasi terpercaya. Jika pun itu adalah informasi terpercaya, maka anda pun sebaiknya mengabaikannya saja. Karena tentu saja ini sama sekali tidak bermanfaat. Hanya akan membuat anda terbelit dalam perseteruan.

  • Diedarkan dari sumber terpercaya

Dan langkah selanjutnya untuk mengidentifikasi berita adalah dengan melihat sumber terpercaya. Sumbernya harus merupakan sumber yang terpercaya. Jika itu diedarkan oleh sumber yang tak dapat dipercaya, maka abaikan saja. Jangan sampai anda mempercayainya.

  • Tidak meminta untuk disebarkan

Sala satu ciri informasi terpercaya adalah informasi itu tidak meminta untuk disebarkan. Jika informasi tersebut memprovokasi anda untuk menyebarkannya, maka itu berarti informasi itu hanyalah informasi bohong. Jangan sampai anda dengan mudah mempercayainya.

  • Diberitakan oleh banyak media

Salah satu tanda informasi terpercaya lainnya adalah informasi tersebut diberitakan oleh banyak media. Ini adalah tanda yang paling menunjukkan bahwa informasi tersebut dapat dipercaya. Maka, jika tidak ada satu pun yang mengabarkannya, maka anda patut curiga bahwa berita itu adalah berita bohong. Informasinya tidak dapat dipercaya.

Berikut tadi adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi informasi terpercaya. Jika anda menemukan indikasi informasi itu palsu, maka sebaiknya tidak menyebarkannya. Sebab, itu hanya akan membuat anda terjerumus pada informasi yang menyesatkan. Maka, agaknya berlaku bijak memang jadi salah satu cara untuk selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *