Tips Belanja Online Yang Nyaman Dan Aman

By | July 12, 2017

Sekarang ini belanja online sudah menjadi gaya hidup sebagain masyarakat. Ada banyak alasan mengapa belanja online dijadikan pilihan, selain lebih santai juga banyak pilihan berbagai jenis barang. Namun sayangnya masih ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang membuka toko online abal-abal dengan banyak modus. Tapi Anda jangan khawatir, karena di sini kami akan berbagi tips belanja online yang nyaman dan aman.

Baca juga: Belanja online Mudah di Bukalapak

Jangan Mudah Tergiru Barang Murah

Salah satu strategi yang banyak dilakukan oleh para penipu adalah dengan memberikan harga murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran. Sebagai pembeli yang cermat sebaiknya jangan mudah tergiur.  Ada banyak hal yang harus Anda pelajari dari toko online tersebut.

Tips belanja online agar tidak tertipu dengan harga murah adalah sebaiknya belanjalah di toko online yang terpercaya, dari pada beresiko terkena tipu. Alih-alih ingin berhemat jadinya malah sangat rugi, uang hilang barang tidak sampai.

Simpan Bukti Transaksi

Jika Anda melakukan pembayaran melalui transfer antar bank, jangan pernah buang segala bukti yang berhubungan dengan transaksi, contohnya: percakapan melalui SMS atau chating, bukti transfer dsb. Simpan bukti-bukti tersebut sampai barang yang dipesan sampai ke tangan Anda. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila ada masalah yang tidak diinginkan, seperti: barang yang datang tidak sesuai dengan pemesanan atau menjadi korban penipuan.

Jangan Berpatokan Pada Testimoni

Dulu, testimony bisa dijadikan acuan untuk mengetahui apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak. Namun sekarang nampaknya hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Karena para penipu semakin pintar mengelabui korban. Hal ini terbukti banyak juga toko online abal-abal yang  membuat testimony palsu.

Mintalah Foto Barang yang Asli

Beberapa kasus penipuan berbagai cara dilakukan oleh penipu, salah satunya adalah mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan foto produk. Bahkan ada beberapa kasus yang sama sekali tidak mengirimkan barang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya periksa dengan teliti foto yang dipakai oleh penjual. Pastikan apakah penjual mengambil foto dari Google atau tidak. Cobalah minta foto yang lain kepada penjual, apakah ia memiliki barangnya atau tidak.

Pilih Sistem Pembayaran Yang Aman

Jika Anda masih ragu-ragu belanja online, solusi yang bisa digunakan adalah memilih sistem pembayaran yang bisa meminimalisir kerugian. Anda bisa pilih transaksi pembayaran menggunakan Cash on Delivery atau COD yaitu transaksi langsung.

Jika sistem pembayaran menggunakan COD tidak memungkinkan, Anda bisa gunakan jasa pembayaran pihak ketiga. Yang dimaksud dengan pihak ketiga disini adalah rekening bersama atau dikenal dengan singkatannya Rekber. Dengan sistem ini lebih tenang karena uang yang ditransfer akan ditahan dulu oleh pihak ketiga. Baru kemudian jika barangnya sudah sampai ditangan Anda, uang yang ditahan baru akan dibayarkan kepada penjual.

Demikian tips belanja online yang aman dan nyaman. Nah, jika melakukan tips di atas Anda tidak perlu khawatir takut tertipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *