Tips Membedakan Berita hoax

By | July 24, 2017

Era internet adalah era yang menggembirakan. Sebab, pada era ini, mencari informasi menjadi pekerjaan yang begitu mudah. Hanya beberapa kali klik jari, semua berita langsung tersaji. Namun, jangan salah. Kemudahan ini bukan tanpa resiko. Karena, banyak punya berita yang disajikan juga bukan sebuah kebenaran. Alias berita bohong yang hanya bisa jadi kibul-kibul belaka.

Berita hoax ini berbahaya jika terlalu sering dikonsumsi. Karena seringkali justru menyesatkan pembaca. Berikut ini kami hadirkan beberapa tips untuk membedakan berita hoax dengan berita asli.

Baca juga: Hati-Hati Dengan Berita Hoax, Kenali Ciri-Cirinya

  • Melakukan riset

Pertama adalah melakukan riset berita. Riset itu penting untuk memastikan bahwa berita tersebut bukan berita hoax.

Riset berita ini adalah menyimak posisi berita tersebut. Biasanya, berita yang kebenarannya terkonfirmasi selalu disajikan oleh media media online arus utama. Banyak media yang mengabarkan berita tersebut. Dan itu merupakan jaminan.

Karena, media online arus utama memiliki kaidah jurnalisme yang cukup ketat. Sehingga berita hoax bisa dengan mudah tersaring.

Jika berita yang anda baca tersebut sepi dari pemberitaan. Maka, sudah selayaknya anda meragukannya. Karena bisa jadi berita tersebut adalah berita hoax.

  • Mengecek sumber

Langkah selanjutnya yang bisa lakukan ketika mendapatkan sebuah berita adalah mengecek sumber berita tersebut. Sebuah berita harus hadir dengan sumber yang kredibel. Jika tanpa jejak sumber, maka sudah bisa dipastikan itu berita yang meragukan.

Jika ada sumbernya, anda wajib melakukan cover both side atau mengecek sumber. Ini adalah salah satu langkah penting untuk mengkonfirmasi kebenaran sebuah berita.

Pastikan berita yang anda dapatkan juga bukan dari sumber berita yang tidak bisa dipercaya. Sumber berita haruslah hadir dari media arus utama juga.

Ini penting karena akan menentukan kebenaran tersebut.

  • Menyimak Tata Bahasa

Anda juga harus pandai dalam meneliti tata bahasa. Inilah cara termudah untuk membedakan berita hoax. Berita hoax biasanya selalu hadir dalam bentuk tata bahasa yang buruk atau bahkan hancur. Biasanya, ada penggunaan huruf besar dan huruf kecil yang tidak sesuai. Atau bahkan dalam penggunaan spasi.

Tata bahasa yang baik, biasanya menyakinkan. Dan tata bahasa yang buruk sebaliknya, selalu meragukan. Ini indikasi dari berita hoax.

  • Bila mengandung provokasi, sebaiknya abaikan

Langkah termudah selanjutnya adalah meneliti kecenderungan. Jika berita tersebut cenderung berisi ujaran provokasi. Maka, abaikanlah. Karena sudah pasti itu berita buruk. Jika pun bukan hoax atau pun mengandung kebenaran, berita jenis ini sudah selayaknya tidak dikonsumsi.

  • Berita hoax Tidak Masuk Akal

Dan tanda bahwa berita itu adalah berita hoax adalah berita itu tidak masuk akal. Misal, ada berita yang menuduh si A sebagai kafir. Atau berita tentang diserangnya bumi oleh Alien, maka sudah jelas ada yang salah dengan logika berita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *