Cara Mengidentifikasi Informasi Terpercaya

By | July 27, 2017

Cara Mengidentifikasi Informasi terpercaya – Dalam era teknologi informasi yang begitu berkembang saat ini, mencari informasi bukan lagi hal yang sulit. Semuanya bisa dilakukan dengan hitungan detik saja. Semua bisa dilakukan dari layar ponsel atau layar gawai-gawai yang canggih.

Namun, sayangnya, tak semua informasi mengandung kebenaran. Banyak pula informasi palsu yang sering dikenal sebagai hoax. Bukan hanya itu, informasi tersebut bukan hanya mengandung kebohongan namun juga provokasi.

Informasi terpercaya kini harus bercampur aduk dengan hoax hoax tadi. Sehingga, tak jarang banyak pula yang termakan hasutan. Untuk itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips jitu untuk mengidentifikasi informasi terpercaya.

  • Mengecek Sumber

Langkah pertama untuk mengidentifikasi informasi terpercaya tentu dengan mengecek sumbernya terlebih dahulu. Setiap berita yang anda baca, tentu saja akan disampaikan dengan sumber link. Sebaiknya anda memeriksa itu. Jika tidak ada sumbernya, maka anda patut untuk mengabaikannya saja. Jika memang ada. Anda sebaiknya mencocokkannya lagi dengan berita lain dengan sumber lain.

  • Meneliti Logika Berita

Langkah selanjutnya, anda bisa mencoba untuk meneliti logika berita yang anda baca dalam konten berita itu. Dengan membaca berita tersebut, maka anda tentu akan menemukan banyak frasa dan konjungsi dalam berita itu, tentu saja anda bisa bebas menafsirkannya.

  • Melakukan Riset

Selanjutnya anda tentu saja harus melakukan riset terlebih dahulu. Ketika anda mendapatkan berita, silahkan lakukan riset dengan membuka halaman pencari google. Ketik kata kunci tentang berita tersebut, dan anda akan menemukan beberapa berita tentang itu.

  • Bila provokasi, sebaiknya diabaikan

Lalu, anda juga bisa mengantisipasi berita bohong dengan membaca motif berita tersebut. Hal ini bisa dibaca dari motif sudut pandang berita, jika berita itu sudah mengarah pada hasutan atau bahkan provokasi kebencian, maka sebaiknya abaikan saja. Karena, berita itu jelas bukan informasi terpercaya. Jika pun itu merupakan informasi yang mengandung kebenaran, maka ia juga tak layak untuk disimak.

Sebaiknya, anda mengabaikannya saja dan tidak menyebarkan berita informasi itu. Meski informasi terpercaya, namun tentu saja itu bukan informasi positif.

  • Bila tak mencantumkan data, patut diragukan

Hal terakhir yang juga patut diperhatikan adalah penggunaan data. Anda harus mengantisipasi ini. Informasi terpercaya adalah informasi yang selalu mencantumkan data sumber. Baik data standar semacam 5 W 1 H sampai data yang mendetail seperti bagan statistik. Ini adalah salah satu indikasi dari informasi terpercaya.

Berikut tadi adalah beberapa tips untuk mengidentifikasi informasi terpercaya. Cara ini cukup jitu untuk mendapatkan informasi terpercaya. Anda harus waspada dalam mengantisipasi hoax. Sebab, akhir-akhir ini hoax sering menjadi penyebab masalah.

Maka sebaiknya anda juga tidak menyebarkan berita bohong tersebut. Sebab, seringkali tidak mengandung manfaat apapun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *