Situs Informasi online di Indonesia

By | July 28, 2017

Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah berbagai macam aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi informasi. Dahulu, setiap pagi, membaca koran merupakan kegiatan rutin setiap orang. Khususnya mereka yang bekerja kantoran. Namun, kini, perlahan kebiasaan itu mulai ditinggalkan.

Kebiasaan membaca koran kini diganti dengan kebiasaan membaca situs informasi online. Maka, kegiatan membaca informasi kini tidak lagi dengan media cetak. Namun, langsung dari gawai gawai canggih untuk mengkonsumsi informasi online.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami hadirkan beberapa situs informasi online yang bisa anda baca setiap waktu dan dimana pun dari layar gawai anda.

  • Detik.com

Situs informasi online yang pertama adalah situs berita online detik.com. Ini adalah situs berit online pelopor. Jauh jauh hari sebelum media online atau situs informasi online bermunculan, detik.com lebih dulu ada.

Saat itu, detik.com menjadi yang pertama bahkan mungkin satu-satunya media online. Saat itu, internet juga merupakan barang langka yang belum banyak dikenal. Maka, wajar jika detik.com menjadi situs informasi online yang cukup banyak menarik minat para nitizen atau para pengguna internet.

Detik.com dikenal sebagai situs informasi online yang cepat dan tangkas dalam mewartakan beritanya.

  • Kumparan.com

Situs informasi online selanjutnya adalah kumparan.com. Bisa dibilang situs ini adalah situs informasi online yang tergolong baru. Kumparan memang baru baru tahun ini dilaunching. Namun, jangan salah. Meskipun masih tergolong baru, situs Kumparan.com sudah meraup pembaca yang tidak sedikit.

Dari cirikhas, sebenarnya kumparan juga sedikit mirip dengan Detik.com dari soal kecepatan menyajikan berita. Namun, dari gaya penulisan Kumparan jauh lebih ringan. Gaya kumparan yang asik inilah yang menjadi pemantik minat baca kalangan anak muda. Atau yang lebih dikenal sebagai generasi milenial.

  • Tirto.com

Situs informasi online selanjutnya adalah tirto.id, ini adalah situs yang usianya juga masih belum lama. Masih baru dan segar. Namun, jumlah pembaca tirto bisa dibilang sudah cukup banyak. Tirto sendiri merupakan media online yang mengadopsi nama dari tokoh pers Indonesia, Tirto Adhisuryo. Selain itu, tirto juga merupakan filosofi air, yang artinya mengalir. Dari latar belakang itulah tirto hadir.

Hadir sebagai media yang menawarkan jurnalisme yang mengalir dan jernih. Jadi, tak melulu soal kecepatan.

  • Kompas.com

Kompas adalah salah satu media koran cetak dengan tiras penjualan tertinggi. Namun, Kompas sadar bahwa koran cetak telah memasuki senjakalanya. Oleh karena itu Kompas juga mengeluarkan situs media online Kompas.com

  • Tempo.co

Mengikuti jejak Kompas, Tempo, majalah berita mingguan itu, juga ikut serta dalam jejak Kompas.com. Tempo juga melaunching media online bertajuk Tempo.co yang mana juga menyajikan berita-berita online yang bernas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *