5 Tips Belanja Online Aman

By | August 2, 2017

Dunia internet benar-benar memberi banyak kemudahan bagi kita. Kini, orang tak perlu direpotkan dengan berbagai hambatan. Dari mulai jarak, waktu dan biaya kini bisa dipangkas sejak internet menyediakan berbagai macam kemudahan.

Salah satunya adalah dengan adanya berbagai macam toko online. Kini, belanja online jadi kegiatan yang sangat diminati oleh banyak orang. Misalnya, untuk membeli tiket kereta saja, kini tak perlu mengantri di loket tiket, namun cukup memesannya di toko online.

Sedangkan untuk berbelanja pakaian sampai perabot rumah tangga kini bisa kita lakukan di toko-toko online. Namun, yang perlu anda perhatikan adalah keamanan ketika ingin belanja online. Berikut ini kami hadirkan tips belanja online yang aman.

Baca juga: Belanja online Seru Di Bukalapak

  • Riset Toko Online

Pertama yang harus dilakukan ketika ingin belanja online di toko online, anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Riset ini untuk menghimpun informasi tentang toko online tersebut. Anda bisa mencari tahu misalnya profil toko online itu. Barang yang dijual apa saja. Dan bagaimana rekam jejaknya. Apabila toko oline tersebut mengandung indikasi bahwa itu toko online abal abal atau terindikasi pernah melakukan penipuan maka abaikan saja.

Toko online yang terindikasi seperti itu tentu saja bukan toko online pilihan.

  • Melihat Rating

Langkah selanjutnya adalah melihat rating. Melihat rating akun penjual itu wajib anda lakukan. Karena, rating adalah bentuk dari representasi kepercayaan seorang pedagang. Anda wajib memperhatikan ini.

Karena, biasanya akun yang mencurigakan adalah akun yang memiliki rating buruk. Atau bahkan terindikasi akun penipuan.

Jika anda menemukan testimoni negatif, dari salah satu akun penjual online, sebaiknya anda mengabaikannya saja.

  • Membandingkan harga

Anda juga perlu membandingkan harga. Salah satu riset yang dilakukan pada awal tadi juga bertujuan untuk ini. Membandingkan harga menjadi penting. Karena harga yang dipatok di sebuah toko online selalu beraneka ragam. Upaya membandingkan harga ini tentu saja untuk menghindari ketimpangan harga yang keterlaluan.

Jangan sampai anda membeli barang yang harusnya Cuma 10 ribu dengan harga 100rb.

Banyak sekali kasus seperti ini. Maka dari itu anda harus bisa membandingkan harga.

  • Mengecek Ongkos Kirim

Anda juga harus teliti dalam mengecek ongkos kirim. Karena banyak pula pedagang nakal yang memainkan ongkos kirim. Bila ada pedagang yang menunjukkan ongkos kirim, anda juga harus mengeceknya sendiri langsung di situs ekspedisi tersebut. Jangan terlalu mudah percaya.

  • Memilih Pembayaran yang aman

Langkah terakhir tentu saja dengan memilih metoda pembayaran yang aman. Metoda pembayaran yang bisa memudahkan anda dan anda merasa aman.

Berikut tadi adalah beberapa tips belanja online aman yang bisa anda terapkan sebelum berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *