Tips Mencari Informasi Terpercaya di Internet

By | August 8, 2017

Perkembangan teknologi internet yang semakin pesat berdampak pada perubahan mendasar dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah dalam hal mencari berita. Jika sebelum era internet masyarakat cenderung mencari berita melalui surat kabar cetak atau melalui televisi dan radio, kini di era internet masyarakat lebih banyak mencari berita melalui media-media yang bertebaran di berbagai situs online. Informasi yang terdapat di internet sangat beragam, tidak terbendung dari segi jumlah dan menjadi kabur kebenarannya karena dapat diproduksi oleh siapa saja. Imbasnya, banyak sekali ditemui berita bohong atau kabar palsu yang bertebaran di internet. Kabar bohong atau berita palsu tentu akan berdampak buruk bagi kehidupan. Agar tidak terjebak oleh kabar bohong di internet, berikut ini adalah beberapa tips mencari informasi terpercaya di internet.

Mencari Berita di Media Online yang Kredibel

Di internet, terdapat banyak sekali situs atau media berita, yang sayangnya tidak semuanya kredibel dan dapat dipertanggung jawabkan berita yang ditayangkan. Bahkan banyak sekali media online yang dibuat untuk melontarkan isu tertentu atau dengan tujuan menguntungkan pihak tertentu dan merugikan pihak lain di saat bersamaan. Oleh sebab itu, carilah informasi terpercaya di media online yang kredibel. Di antara ciri media online yang kredibel adalah: memiliki surat izin resmi sebagai media berita, berita-berita yang ditayangkan jelas sumber beritanya dan dapat dipertanggung jawabkan, juga jelas siapa yang memproduksi berita tersebut.

Memperhatikan Redaksi Media

Banyak sekali situs berita online yang dijalankan oleh segelintir orang yang bersembunyi di balik identitas palsu, atau bahkan menyembunyikan identitasnya. Untuk menghindari mengkonsumsi berita yang dibuat untuk kepentingan tertentu, sebaiknya perhatikanlah redaksi media online yang beritanya sering Anda konsumsi. Pastikan susunan redaksinya jelas, alamat redaksinya tertera dengan jelas, dan berbagai identitas redaksi lainnya. Kejujuran sebuah media dimulai dari bagaimana mereka menginformasikan orang-orang yang memproduksi berita di situs atau media tersebut.

Memperhatikan Rekam Jejak Media

Banyak sekali media online yang rekam jejaknya buruk, yaitu menyebarkan atau menayangkan berita-berita bohong atau berita palsu/ hoax. Tersebarnya berita palsu atau berita bohong di berbagai situs berita online menunjukkan bahwa tidak adanya sistem verifikasi yang ketat atas berita yang ditayangkan. Oleh sebab itu, jika sebuah situs berita sudah pernah atau bahkan seringkali memposting atau menayangkan berita bohong atau kabar palsu, atau juga kabar yang sifatnya provokatif, sebaiknya jangan lagi mempercayai situs berita tersebut. Masih banyak situs-situs berita online yang dapat dipercaya.

Satu hal yang juga sangat penting dilakukan oleh para pembaca berita di situs online, jangan langsung percaya pada berita yang ditayangkan hanya di satu situs berita. Bandingkanlah informasi yang diperoleh dengan informasi dari berbagai media online lainnya. Sebab informasi terpercaya biasanya akan ditayangkan di banyak media.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *