Hal-hal yang Harus Diperhatikan untuk Membuat Situs Terbaik Sekolah

By | August 15, 2017

Kemajuan teknologi memang harus selalu diikuti apabila tidak ingin ketinggalan zaman, salah satunya adalah dalam hal penyelenggara pendidikan, seperti sekolah yang harus memiliki website untuk kebutuhan informasi para siswa dan calon siswa. Dan berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan apabila membuat situs terbaik untuk sekolah

  1. Informasi Lengkap Tentang Sekolah

Untuk kebutuhan pendidikan tentunya informasi yang baik dan lengkap sangat diperlukan. Dan ada hal-hal dan informasi yang harus ditampilkan pada situs sekolah, seperti profil lengkap sekolah, data siswa, data guru dan karyawan, data kegiatan siswa, fasilitas sekolah, pengumuman penting, informasi kontak serta alamat sekolah, dan jangan lupa untuk menyertakan pula foto-foto dari kegiatan sekolah dan foto guru-guru sekolah.

  1. Sistem Informasi Akademik Sekolah

Untuk membuat situs terbaik bagi sekolah harus menampilkan sistem informasi yang baik, khususnya bagi internal sekolah, baik itu guru, murid, serta karyawan sehingga bisa membantu manajemen sekolah. Dalam pembuatan sistem informasi akademik ini sebaiknya yang lengkap agar lebih memudahkan guru, siswa, dan karyawan. Ada beberapa hal yang sebaiknya ada dalam sistem informasi akademik sekolah, seperti, input nilai yang dilakukan oleh guru sehingga guru punya hak agar bisa log in ke situs untuk memasukkan nilai para siswa. Sistem sekolah perlu menampilkan rekapitulasi nilai siswa sehingga memudahkan walikelas ketika akan membuat rapor. Adanya database siswa sehingga pengelolaan siswa dan kelas lebih mudah. Jangan lupa untuk memasukkan database guru serta karyawan. Apabila masuk masa pendaftaran siswa baru, sediakan pendaftaran siswa baru melalui online sehingga akan memudahkan calon siswa ketika mendaftar.

  1. Melibatkan Guru serta Siswa.

Melibatkan guru dan siswa agar situs selalu aktif bisa dilakukan, beberapa hal diantaranya adalah dengan meminta guru mengunggah file penting mengenai materi pelajaran, dan siswa wajib mengunduh materi tersebut. Selain itu minta para guru untuk menulis artikel yang berkaitan dengan pelajaran kemudian diunggah di situs sekolah. Tingkatkan kreatifitas siswa untuk membuat tulisan atau video yang berkaitan dengan pelajaran dan sekolah yang kemudian ditayangkan di situs sekolah. Dan siswa yang berhasil karyanya masuk ke situs bisa mendapatkan hadiah atau reward yang tentunya ada hubungan dengan sekolah, seperti tas, sepatu, atau buku paket sekolah.

  1. Menyediakan Fitur Interaktif.

Sediakan pula fitur interaktif di situs sekolah sehingga ada operator yang selalu online atau bisa juga menampilkan nomor kontak yang bisa dihubungi lewat chat. Dengan begitu situs atau website sekolah akan terlihat lebih hidup dan up to date.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan apabila ingin membuat situs terbaik untuk sekolah agar situs tersebut benar-benar bermanfaat dan berguna bagi seluruh warga sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *