Tips Mencari Toko Online Terbaik untuk Berbelanja

By | August 16, 2017

Saat ini, kegiatan berbelanja online sudah jamak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya para pengguna internet. Berbagai kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan dari kegiatan berbelanja online membuat sebagian besar masyarakat Indonesia merasa dimudahkan. Selain itu, berbagai tawaran promo dan bonus yang diberikan oleh berbagai situs jual beli online membuat para pembeli tertarik. Namun sayangnya, tidak semua toko online dapat dipercaya. Banyak juga toko online yang pelayanannya mengecewakan, produk yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi, bahkan tidak sedikit toko online yang menipu pembelinya. Agar tidak kecewa ketika berbelanja online, berikut ini adalah beberapa tips mencari toko online terbaik untuk berbelanja online.

Baca juga: Toko online terbaik, Tentu Saja Bukalapak

Memperhatikan Identitas Toko Online

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika berbelanja online adalah memastikan toko online terbaik untuk berbelanja. Carilah toko online yang identitasnya jelas, mulai dari pemilik atau pengelola situs online tersebut, alamat domisili, hingga nomor yang bisa dihubungi. Jangan pernah berbelanja online di toko online yang identitasnya tidak jelas, apalagi jika keterangan yang tertera di toko online tersebut tidak lengkap dan tidak meyakinkan. Dengan mencari toko online yang identitasnya jelas, pembeli dapat dengan mudah menjalin komunikasi tentang produk yang diperjual belikan, selain itu pembeli juga tahu ke mana harus melakukan komplain jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi produk yang telah dipesan.

Perhatikan Spesifikasi Produk

Banyak sekali toko online yang hanya memposting gambar produk tanpa memberikan keterangan yang jelas tentang spesifikasi produk yang dijual, bahkan tidak jarang pula foto produk tersebut merupakan copy-paste dari situs lain. Berbelanjalah di toko online yang memaparkan dengan jelas tentang spesifikasi produk yang dijual, mulai dari bahan, ukuran, warna, berat, dan spesifikasi lainnya agar barang yang akan Anda beli benar-benar jelas bagaimana kondisinya.

Memperhatikan Testimoni Pembeli

Cara yang paling mudah untuk mengidentifikasi toko online yag terpercaya adalah dengan memperhatikan komentar atau testimoni pembeli yang sudah pernah berbelanja di toko online tersebut. Biasanya, di situs jual beli atau akun media sosial sebuah toko online, akan selalu ada komentar dari pembeli, mulai dari komentar yang positif hingga yang negatif seperti komplain atau protes. Perhatikanlah komentar-komentar tersebut. Jika banyak komentar yang positif atau bernada puas, maka toko online tersebut patut untuk dijadikan tempat berbelanja.

Melihat Rekam Jejak Toko Online

Begitu banyak toko online yang ada di internet. Dari sebegitu banyaknya toko online, tentu terdapat beberapa toko online yang rekam jejaknya dikenal baik, yaitu toko online yang dikenal luas oleh para pengguna internet dan memiliki jumlah pembeli yang besar. Biasanya, toko online yang memiliki pelanggan tetap merupakan toko online terbaik yang dapat dipercaya. Jangan berbelanja di toko online yang rekam jejaknya tidak jelas, apalagi untuk transaksi dengan nominal yang besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *