Tips Belanja Online di Grup Jual Beli Facebook

By | August 18, 2017

Keberadaan media sosial facebook memang mendatangkan manfaat bagi banyak orang, selain untuk mencari informasi, bersosialisasi, juga untuk jual beli. Jual beli di facebook biasanya dilakukan oleh penjual online dengan mempromosikan barang di akun pribadi, selain itu jual beli juga banyak dilakukan di grub jual beli, akan tetapi jika melakukan pembelian barang di grup jual beli facebook perlu lebih hati-hati dan waspada karena sering terjadi penipuan, berikut ini adalah tips belanja online di grup jual beli facebook:

  1. Melihat Profil Akun Penjual

Tips belanja online di grup jual beli facebook yang pertama adalah dengan melihat profil akun penjual. Perhatikan dan teliti profil dari akun penjual tersebut, apakah foto profilnya asli ataukah tidak, bagaimana postingannya, tinggal dimana, dan lain sebagainya. Perhatikan apakah akun tersebut aktif ataukah tidak, berapa lama penjual sudah menggunakan facebook, dan bagaimana interaksinya di akun facebook tersebut dengan pengguna facebook lainnya.

  1. Teliti Foto Barang yang Ditawarkan

Teliti foto barang yang ditawarkan, apakah sesuai dengan yang ditawarkan ataukah tidak. Tak ada salahnya untuk mencari di google foto yang serupa, karena saat ini search engine google tak hanya bisa memasukkan pencarian lewat kalimat saja, tapi juga bisa lewa foto, hal ini untuk mengantisipasi apakah foto barang yang ditawarkan hasil comot dari google ataukah tidak.

  1. Curigai Harga Terlalu Miring

Apabila menemukan penjual yang menawarkan harga barang terlalu murah dari harga standar di pasaran, hal ini perlu diwaspadai. Penjual penipu tersebt biasanya beralasan jika barang tersebut berasal dari black market. Apabila bertemu penjual semacam in, akan lebih baik berhati-hati dan berpikir ulang sebelum bertransaksi.

  1. Mendesak Transfer

Apabila ada penjual yang mendesak untuk segera transfer, sebaiknya perlu hati-hati, karena bisa jadi si penjual adalah penipu.

  1. Lihat Nomor Kontak

Penjual yang memang benar menjajakan jualannya akan mencantumkan nomor kontak sebagai media untuk tawar menawar barang secara offline.

  1. Lihat Cara Pengiriman

Perhatikan cara pengiriman barang, apabila berada di dalam kota, apakah mau COD ataukah tidak, untuk mengetesnya, pembeli bisa pura-pura ingin COD lewat saudara atau teman yang rumahnya dekat dengan penjual. Apabila penjual tidak mau perlu diwaspadai.

  1. Perhatikan Testimoni

Apabila penjual sudah sering menjual barang di grup, perhatikan testimoni dari anggota rup lainnya yang sudah pernah membeli di penjual tersebut, apakah testimoninya positif, ataukah negatif.

Itulah tips belanja online di grup jual beli facebook yang bisa diaplikasikan karena saat ini banyak modus penipuan yang sering terjadi di dunia maya, termasuk juga ketika melakukan jual beli lewat facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *