Ini Dia Cara Mudah Membedakan Berita Hoax dengan Berita Fakta Agar Anda Tidak Salah Informasi

By | August 21, 2017

Saat ini pusat informasi yang ada seolah semuanya sudah bersumber dari internet. Ya, sejak kemunculannya, internet memang menjadi salah satu bagian dari kehidupan yang kini tidak bisa dipisahkan lagi. Kini internet banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan mulai dari bekerja, jual beli, menyebar informasi dan masih banyak lagi. Namun beberapa waktu belakangan ini, para pengguna internet seolah sangat jenuh lantaran banyaknya berita hoax yang semakin memenuhi laman internet hingga media sosial.

Ya, berita yang menyebarkan provokasi kerap muncul dan para pembaca pun dengan mudahnya membagikan di laman media sosialnya tanpa tahu apakah berita tersebut benar atau salah. Hal ini tentu saja menjadikan banyak pro kontra yang terjadi sehingga menjadikan perpecahan yang tanpa henti. Pemerintah pun banyak melakukan tindakan tegas karena sudah memblokir beberapa situs dan akun media sosial yang menebar kebencian, namun seolah situs seperti itu tidak pernah ada habisnya. Untuk itulah butuh kesadaran penuh juga bagi para pengguna internet agar bisa menggunakannya secara cerdas agar tidak mudah masuk ke dalam jebakan provokasi yang berakhir ke perpecahan.

Lalu bagaimana untuk bisa membedakan berita hoax dan berita yang sesuai fakta? Berikut ini ulasannya:

Baca juga: Mengenal Kriteria Berita Online yang Mengandung Hoax

  • Cek URL

Pertama dan yang utama adalah mengecek URL. Instansi yang resmi tidak akan pernah memakai layanan dengan blog gratisan. Nama situs pun wajib untuk diperhatikan. Tak sedikit berita bohong yang memakai situs dengan nama yang mirip dengan situs aslinya. Untuk itu, jangan sampai Anda terkecoh lalu dengan mudah mengambil kesimpulan dari berita tersebut.

  • Selalu lakukan cross check

Melakukan pengecekan terkait sebuah informasi juga wajib untuk dilakukan. Anda bisa membandingkan berita yang Anda baca dengan berita yang ada di media nasional dan pemerintah. Dari situ akan muncul kesimpulan dimana berita itu benar adanya atau justru hanya menginginkan kehebohan dan viral saja. Jangan langsung terpancing emosi lalu karena berita seperti ini memang berusaha untuk menjadikan para pembaca menjadi terprovokasi.

  • Gunakan logika

Pengguna internet di Indonesia sendiri pada dasarnya masih tergolong belum cukup bisa untuk menelaah informasi secara bersih dan benar. Namun ada baiknya jika mulai saat ini Kita semua bisa berpikiran secara logis. Jika memang informasi kontroversial tersebut pun benar adanya, apakah ada manfaatnya jika Anda menyebarkannya, atau justru bisa membuat perpecahan?

Anda juga bisa membantu meminimalisir berita hoax yang tersiar di dunia maya dengan tidak sembarangan dalam menyebarkan informasi tersebut. Anda juga bisa melaporkannya ke situs pemerintah yang sudah tersedia jika memang benar adanya berita tersebut hanya menebar fitnah, kebencian dan berusaha untuk memecah persatuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *