Tips Mudah Menahan Kebiasaan Menghamburkan Uang dengan Belanja Online

By | August 22, 2017

Berbelanja menjadi satu aktivitas yang banyak disukai terutama di kalangan para wanita. Meski begitu, banyak juga pria yang menyukai aktivitas satu ini terlebih sejak adanya teknologi internet sehingga memungkinkan semua orang untuk belanja online yang lebih mudah dan praktis. Meski begitu, ada beberapa orang yang kerapkali ketagihan ketika berbelanja sehingga justru banyak membeli barang yang sebenarnya tidak berguna. Hal ini tentu tidak bisa dibenarkan karena merupakan pemborosan.

Jika Anda memiliki kebiasaan semacam ini dan sedang berjuang agar bisa menahan keinginan selalu berbelanja dan menghamburkan uang, maka berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Hitung jumlah pekerjaan yang harus Anda lakukan

Semua barang yang dibeli tentu butuh keringat dan kerja keras dari Anda. Jika Anda sudah memahami logika ini, maka selanjutnya adalah pikirkan kembali seberapa keras Anda harus bekerja dan seberapa banyak Anda harus mengeluarkan keringat demi bisa mendapatkan uang dengan jumlah demikian yang Anda habiskan untuk berbelanja? Jika memang barang yang Anda beli tersebut sesuai dengan manfaatnya, maka sah-sah saja. namun berbeda jika barang yang dibeli tersebut hanya karena keinginan dan bukan kebutuhan.

  • Hindari selalu menggunakan kartu kredit

Umumnya pemborosan akan sangat mudah dilakukan ketika Anda memegang kartu kredit. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mulai menahan diri tidak selalu menggunakan kartu kredit dan mulai memanfaatkan uang cash sehingga tahu kapan harus berhenti. Ketika Anda belanja online, pilihlah pembayaran dengan transfer ATM sedangkan ketika belanja secara offline maka gunakan uang cash dan jangan bawa semua kartu kredit Anda bersama Anda.

  • Belanja sebagai terapi

Mungkin sudah banyak yang merasakan rileksnya setelah berbelanja sehingga stres pun menjadi hilang dalam sekejap. Namun apa manfaatnya jika setelah rileks tersebut Anda kembali dipusingkan dengan banyaknya tagihan? Untuk itu, ada baiknya menahan diri berbelanja ketika stres dan cari pelarian yang lain misalnya dengan liburan atau memaksimalkan me time.

  • Belajar menabung

Sejak kecil tentu Anda sudah biasa diajarkan untuk menabung. Kini setelah dewasa dan memiliki penghasilan sendiri, maka sudah sewajarnya jika Anda bisa lebih banyak menabung. Dibanding menghabiskan uang untuk dibelanjakan, ada baiknya jika Anda mulai menggantinya dengan cara ditabung atau diinvestasikan demi masa depan ketika pensiun atau untuk tabungan menikah sehingga lebih bermanfaat.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang kini sedang berjuang untuk menghilangkan ketagihan terhadap belanja online. Memang kemudahan dalam belanja secara online memberikan banyak keuntungan, namun ada baiknya jika Anda bisa lebih memperhitungkan dengan maksimal sehingga Anda tahu kapan harus belanja demi kebutuhan dan kapan harus menahan diri hanya karena keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *