Cara Sukses Usaha Online Kuliner Makanan Kering Bagi Para Pemula

By | August 25, 2017

Saat ini jual beli online adalah aktivitas yang amat umum dilakukan oleh sebagian masyarakat. Alasan kemudahan dalam transaksi inilah yang menjadi faktor utamanya. Produknya pun tidak terbatas pada item fashion saja namun sudah menjalar ke industri elektronik bahkan juga kuliner. Kini berbagai produk makanan pun menggunakan usaha online untuk bisa dijual secara online. Cara usaha online dengan bisnis kuliner ini pun sebetulnya sama saja dengan berjualan online biasa, namun hanya dari segi produk saja berbeda.

Bagi Anda yang menjual makanan yang harus langsung dimakan seperti kue basah hingga katering maka bisa menggunakan cara delivery atau pengantaran. Namun jika Anda menjual berbagai makanan kering, maka bisa dilakukan dengan cara ini:

  • Tentukan merek produk

Pertama berilah merek yang aneh pada produk Anda. Merek bisa menggambarkan diri Anda dan bisnis yang dijalankan. Anda boleh menerapkan merek dengan nama apapun, namun ada baiknya jika merek tersebut sudah dipertimbangkan dengan matang mengingat merek akan digunakan hingga jangka waktu lama. Tambahkan juga logo sehingga semakin meyakinkan.

  • Memakai website

Cara usaha online yang paling dasar umumnya menggunakan media sosial, namun ada baiknya juga jika Anda memiliki website sehingga para konsumen bisa lebih maksimal dalam mengenal Anda. Desainlah website dengan cara yang menarik sehingga konsumen Anda akan termanjakan dengan tampilan website. Ingatlah jika dalam jual beli online, yang paling banyak mempengaruhi keputusan dalam jual beli adalah dari segi visualisasi sehingga Anda harus bisa kreatif dalam membuat tampilan website menarik.

  • Tentukan produk andalan

Jika Anda menjual produk tidak hanya sejenis saja, maka ada baiknya menjadikan salah satu menu sebagai andalan. Anda bisa menjadikannya andalan karena banyak dipesan dan testimoni bagus atau karena resepnya yang tidak biasa. Dengan cara ini, maka Anda bisa memberikan ajakan untuk calon konsumen dalam memilih produk andalan tersebut.

  • Pelayanan ramah dan cepat

Mengingat konsumen tidak bisa bertatap muka dengan Anda secara langsung, maka hal yang paling mereka inginkan adalah respon cepat penjual dan jawaban yang ramah. Dengan begitu, konsumen akan nyaman dan betah membeli di toko Anda.

  • Perhatikan pengiriman

Apabila Anda menjual makanan, maka pengiriman juga wajib diperhatikan. Jangan lupa berikan label expired makanan tersebut juga sehingga konsumen tahu batasan sampai kapan bisa disantap. Selain itu, pengepakan juga wajib aman agar sampai di tangan pembeli dengan kondisi utuh.

Itulah beberapa cara usaha online dalam bidang kuliner yang bisa dilakukan oleh pemula. Pastikan memprioritaskan dari kepuasan pelanggan agar Anda sehingga konsumen tidak kapok ketika berbelanja di toko Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *