Dapatkan Informasi Terpercaya dari Internet dengan Tips Berikut Ini!

By | August 31, 2017

Dunia maya kini dipenuhi dengan berbagai macam informasi. Informasi tersebut bisa informasi terpercaya yang memang terjadi, informasi fiktif yang diperlukan untuk berbagai keperluan hingga berita hoax yang hanya ingin menimbulkan perpecahan. Tentunya sebagai pengguna internet yang cerdas, Anda harus bisa menyaring dan memilih berita yang memang benar adanya dan terbukti fakta. Dengan begitu, Anda akan bisa mendapatkan informasi yang berdasar fakta dan bukan hanya omong kosong yang hanya menimbulkan banyak perpecahan di luar sana.

Memang untuk menyortir informasi yang sesuai fakta saat ini tidak mudah karena berita semuanya tercampur menjadi satu. Judul-judul artikel kerapkali menimbulkan banyak salah paham hingga bahasa yang kurang pantas pun banyak bertebaran. Meski begitu, Anda bisa meminimalisirnya dengan beberapa tips berikut ini:

Mencari situs dari institusi yang terpercaya

Saat ini memiliki situs sendiri bukanlah hal yang sulit. Bahkan dengan biaya murah pun Anda sudah bisa memiliki website sendiri. Kini dunia maya pun dipenuhi dengan ragam situs mulai dari abal-abal hingga berita yang sebenarnya. Untuk itu, ada baiknya memilah-milah dari sumber yang memang terpercaya. Pilihlah situs berita dari institusi yang memang memberikan informasi terpercaya misalnya dari situs pemerintah, LSM, kampus atau lainnya.

  • Sesuaikan kebutuhan

Carilah situs yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja ketika butuh situs untuk berita agama, maka bisa membuka situs milik MUI bukannya situs yang kurang kredibel lainnya. Hal ini lantaran obyektivitas dalam menulis artikel juga akan sangat membantu dalam memilih situs yang tepat. Jika Anda butuh situs untuk nonton film, maka memang cari situs sesuai kebutuhan.

  • Waspadai situs komersil

Situs yang memiliki tujuan untuk komersil umumnya hanya ingin menjaring Anda masuk ke situsnya dengan berbagai berita yang seolah provokatif. Anda wajib waspada akan hal ini karena mereka umumnya hanya mencari target untuk jualan. Untuk itu, jika Anda mencari berita yang memang terpercaya, maka ada baiknya membuka situs berita, bukan situs yang tujuannya untuk berjualan.

  • Perhatikan pada biasanya

Tulisan atau artikel yang baik seharusnya memberikan pandangan secara obyektif dari kedua belah pihak. Namun beberapa artikel atau berita justru kerap memberikan pandangan yang subyektif dan hanya berpihak pada satu sisi saja dimana ke sisi negatif lebih besar. Hal ini tentu sangat provokatif dan bisa menimbulkan banyak salah paham. Oleh karena itu, Anda harus bisa membaca dengan bijak.

Itulah beberapa tips untuk menentukan apakah informasi dari situs tersebut merupakan informasi terpercaya atau bukan. Selain itu, waspadai jika penulis adalah anonymous karena mereka yang menyembunyikan identitas umumnya kurang mampu mempertanggungjawabkan apa yang ditulisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *