Tips Belanja Online Aman Memakai Kartu Kredit yang Perlu Diperhatikan

By | September 7, 2017

Para penggemar belanja online tentu sudah biasa menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Selain mudah karena tidak perlu pergi ke ATM untuk mentransfer uang, banyak juga diskon dan promo tambahan yang akan bisa didapatkan para pengguna kartu kredit. Namun perlu diketahui jika ada kalanya keamanan menjadi hal yang harus Anda perhatikan dengan benar ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit mengingat hal tersebut adalah data pribadi Anda. Untuk itu, tips belanja kali ini akan membahas terkait cara aman belanja online memakai kartu kredit.

Berikut ini beberapa tips aman untuk berbelanja online memakai kartu kredit:

  • Situs yang sudah terpercaya

Hati-hati dalam memilih situs belanja online karena tidak semuanya sudah mampu menerapkan pengamanan maksimal untuk semua pelanggannya. Jika memang Anda masih ragu akan keamanan situs tersebut, maka usahakan untuk memilih cara pembayaran lainnya yang dirasa aman seperti transfer melalui ATM atau pembayaran lain.

  • Waspada ketika ketik URL

Tips belanja online selanjutnya adalah dengan mengetik alamat URL tersebut sendiri dengan hati-hati. Waspadai jika ada link yang muncul karena bisa saja membawa Anda ke alamat situs lain yang sebetulnya tidak aman. Untuk itu, perhatikan kembali dalam penulisan nama URL karena salah satu huruf atau satu tanda baca pun bisa membawa Anda ke situs lainnya.

  • Lindungi komputer dari anti virus

Antivirus akan sangat bermanfaat juga dalam hal ini demi menghindarkan Anda dari virus serta kemungkinan para hacker. Anda bisa memilih ragam antivirus sesuai kebutuhan Anda dan pastikan juga agar antivirus tersebut selalu Anda perbarui.

  • Hindari bertransaksi selain di komputer sendiri

Ketika Anda bertransaksi menggunakan kartu kredit, usahakan agar perangkat yang Anda gunakan memang milik Anda sendiri baik komputer atau ponsel. Komputer yang banyak dipakai banyak orang, misalnya di warnet atau rental komputer cenderung memiliki keamanan yang amat rendah. Hal ini juga memungkinkan pencurian informasi kartu kredit. Bahkan bisa saja orang lain merekam aktivitas Anda tanpa Anda ketahui. Untuk itu, hindari bertransaksi di komputer umum.

  • Cetak bukti pembayarannya

Setelah bertransaksi menggunakan kartu kredit, pastikan untuk mencetak bukti pembayarannya. Hal ini berguna demi membandingkan nantinya antara angka pada bukti pembayaran dengan angka tagihan yang dilayangkan kepada Anda pada akhir bulan. Dengan begitu Anda akan bisa meminimalisir kesalahan yang ada.

Itulah tips belanja aman yang bisa Anda lakukan ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Mengingat kartu kredit adalah benda yang amat penting, maka Anda wajib melindungi keamanan datanya selalu. Kini kejahatan akibat penyalahgunaan kartu kredit sedang banyak terjadi, untuk itu tak ada salahnya untuk semakin waspada bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *