Ciri-ciri Berita Hoax yang Perlu Anda Perhatikan

By | September 11, 2017

Akhir-akhir ini, masyarakat yang ada di negara Indonesia tengah digemparkan dengan adanya berita hoax atau berita palsu yang tidak sesuai dengan kenyataannya yang mengandung sara atau kebencian terhadap sesuatu, sehingga hal ini menjadikan para masyarakat sekitar yang masih minim terhadap pengetahuan mengenai kenyataan dari setiap berita yang beredar. Sedangkan pada berita palsu itu pun sering terjadi di jejaring internet.

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa sekarang ini sudah banyak para masyarakat yang menggunakan jaringan internet terlebih lagi dalam penggunaan media sosial yang semakin hari semakin mengalami peningkatan pada jumlah pemilik dan pengguna jaringan internet, sehingga sudah hal yang wajar bila banyak para masyarakat yang sangat mudah teracuni dan terpengaruhi oleh berita-berita palsu yang memang pada kenyataannya belum memiliki kejelasan pada kenyataannya, karena memang minimnya pengetahuan para pengguna internet mengenai kebenaran dari berita tersebut menimbulkan pemikiran yang negatif terhadap pelaku dari pembuat berita palsu tersebut.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari berita hoax itu sendiri agar Anda tidak merasa tertipu lagi mengenai berita palsu yang dapat mencuci otak Anda, yaitu sebagai berikut ini:

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membedakan Berita Hoax dengan Berita Fakta Agar Anda Tidak Salah Informasi

  1. Pada dasarnya berita palsu atau hoax akan ditandai dengan adanya uraian tulisan yang disertai dengan gambar maupun foto yang dapat menarik perhatian seluruh para masyarakat.
  2. Pada berita palsu atau hoax yang selalu beredar memiliki unsur untuk mengajak orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan pembuat berita palsu, misalnya dengan menyebarkan berita tersebut kepada orang lain agar orang lain mengetahuinya.
  3. Isi dari berita palsu atau hoax tersebut menganjurkan atau mengajak para penerima berita agar membenci pada suatu kaum dengan cara meyakinkan para pembaca atau orang yang menerima berita palsu tersebut.
  4. Berita yang sebenarnya hanya biasa, maka dibuat seolah-olah menjadi suatu berita yang sangat luar biasa, sehingga membuat para penerima berita merasa penasaran.

Semakin banyaknya berita palsu yang saat ini sedang beredar di kalangan para masyarakat telah menyebabkan para masyarakat merasa resah dan merasa takut dengan kabar-kabar burung yang belum pasti kebenarannya, sehingga wajar saja bila para masyarakat merasa tidak nyaman dan tidak aman dalam menjalani kehidupannya untuk saat ini, sehingga agar Anda tidak menjadi penerima berita yang ditipu, maka jadilah pengguna internet yang pandai.

Dengan keresahan para masyarakat yang saat ini tengah banyak dirasakan, sehingga sudah kewajiban dari pihak yang berwajib dan pihak yang memiliki wewenang, untuk mulai melakukan tindakan lebih dalam lagi dan lebih ketat lagi dan hal ini pun juga memiliki tujuan agar para masyarakat tidak diresahkan lagi mengenai berita hoax yang akhir-akhir ini sedang booming diberbagai kalangan para masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *